Lonjakan Pemudik di Terminal Batoh Diprediksi H-2 Lebaran

Penumpang bus yang berangkat dari Terminal Batoh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pergerakan penumpang bus yang ingin mudik ke kampung halaman dari Kota Banda Aceh di Terminal Bus Batoh mulai meningkat menjelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Begitupun keberangkatan penumpang setiap hari juga mengalami peningkatan. Dari data yang diterima, dari tanggal 25 Maret 2024 jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Batoh terus meningkat.

Pada 27 Maret, jumlah penumpang dari Terminal Batoh mencapai 454 orang dengan 40 kendaraan bus. Kemudian pada 28 Maret jumlah penumpang hampir dua kali lipatnya yaitu 893 orang dengan 57 kendaraan yang berangkat.

Kepala Terminal Bus Batoh, Banda Aceh, Herryanto mengatakan, pihaknya memprediksi arus mudik mulai padat di terminal tersebut terjadi di 6 April 2024.

“Kemungkinan prediksi kita dari tanggal 6 April,” katanya.

Ia juga memprediksi lonjakan penumpang bakal terjadi pada H-2 lebaran. “Kalau lonjakan sepertinya di H-2,” ujarnya.

Sebelumnya, pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan hingga sembilan persen.

Kepala Dishub Aceh, Teuku Faisal mengatakan pihaknya saat ini sudah mengatur segala persiapan terjadinya lonjakan pemudik baik dari jalur darat, udara maupun laut.

“Pergerakan pemudik hari raya Idulfitri tahun ini diprediksi meningkat hingga sembilan persen,” kata Faisal kepada wartawan, Kamis (28/3).

Related posts