Antrean Kendaraan Wisatawan ke Sabang di Pelabuhan Ulee Lheue Mengular

Antrean Kendaraan Wisatawan ke Sabang di Pelabuhan Ulee Lheue (dok. Irfan Dishub Aceh/ Ditlantas Polda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Memasuki masa libur lebaran 2024, wisatawan yang hendak menyebrang ke Pulau Sabang, Aceh mulai membludak di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Bahkan kendaraan mengantre hingga ke luar area pelabuhan.

Pantauan dilokasi, Jumat (12/4) rata-rata wisatawan didominasi oleh warga Sumatera Utara yang hendak plesiran ke Pulau Weh. Antrean panjang kendaraan ini sudah terjadi sejak H+2 lebaran.

Sebagian pengendara roda empat juga terpaksa meninggalkan dan memarkirkan kendaraan mereka di sisi kanan pintu masuk Pelabuhan Ulee Lheue untuk berangkat ke Sabang tanpa membawa kendaraan.

Petugas keamanan juga menerapkan nomor antrean masuk ke dalam pelabuhan bagi kendaraan yang ingin menyebrang. Sebab, di area parkir pelabuhan sudah penuh.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebutkan, sebagian antrean panjang kendaraan di luar pelabuhan yang hendak ke Sabang itu sudah masuk dalam buffer zone untuk naik ke kapal.

Sementara bagi mereka yang hendak menitipkan kendaraan juga disediakan area di sisi kanan area luar pelabuhan yang dapat menampung 300 kendaraan roda empat.

“Bila penuh di dalam di luar sebelum Kampung Jawa juga sudah di siapkan (area parkir penitipan kendaraan), dapat menampung 300 kendaraan,” kata Iqbal.

Selain itu, berdasarkan data manifes sejak tanggal 3 hingga 11 April 2024 kemarin, tercatat sebanyak 10.003 orang sudah menyeberang ke Kota Sabang. Sedangkan sepeda motor sebanyak 2.050 unit dan mobil 580 unit.

“Kendaraan antri parkir masuk dalam Buffer Zone mengantri naik ke Kapal Roro ke Kota Sabang dan Tripnya sudah ada. Semua kendaraan dapat terangkut karena info dari Dinas Perhubungan ada penambahan Trip kapal Roro sampai waktu malam,” katanya.

Related posts