Menikmati Danau Lut Tawar dari Atas Kapal

Kapal di Danau Lut Tawar. (Kanal Aceh/Randi)

Aceh Tengah (KANALACEH.COM) – Mengenal Aceh tidak melulu soal kuliner, pantai dan budayanya yang kental dan terjaga hingga kini. Cobalah melirik destinasi ekowisata yang ditawarkan di wilayah Tengah dengan panorama alam yang mengagumkan.

Misalnya seperti Danau Lut Tawar, di Kabupaten Aceh Tengah yang dikelilingi oleh gunung-gunung Leuser yang hijau nan asri. Lokasinya meliputi empat Kecamatan, yaitu Kebayakan, Bebesan, Lut Tawar dan Kecamatan Bintang.

Danau tersebut merupakan danau kebanggan masyarakat disekitarnya dan dijadikan sebagai sumber ekonomi, seperti pariwisata dan aktivitas lainnya. Tentunya, danau ini berada di ketinggian dan memberikan kesejukan bagi wisatawan.

Selain dengan keindahannya, danau ini memiliki cerita legenda yang terkenal, diantaranya adalah Putri Hijau, Putri Pukes, Unok, Putri Bensu, Ikan Depik, dan Lembide.

Danau ini merupakan danau tektovulkanik yang terbentuk bersamaan dengan Sesar Semangko. Itulah sebabnya mengapa Danau Laut Tawar ini terbentang sangat luas, yakni sebesar 5.472 hektar, dengan panjang 17 km serta lebar 3,219 km.

Diberi nama Danau Lut Tawar ialah karena lokasinya yang Luas sehingga tampak menyerupai sebuah lautan, sedangkan airnya ialah air tawar. Tempat yang tepat untuk menikmati kekayaan alam yang sangat indah, dengan pemandangan bukit barisan yang hijau serta birunya danau.

Kamu juga dapat berjumpa dengan beberapa hewan liar seperti musang, kucing hutan, trenggiling, landak, siamang, rusa dan masih banyak lagi. Sebagian dari hewan tersebut dilindungi dan tidak diperbolehkan untuk diburu.

Fasilitas di Danau Laut Tawar memang sangat lengkap. Jadi tak perlu khawatir jika tidak mendapatkan tempat menginap. Di sekeliling danau ini banyak berdiri hotel, wisma dan tempat penginapan bagi wisatawan.

Namun, bagi kamu yang mau camping dengan tidur di tenda, lokasi Danau Lut Tawar sangat di rekomendasikan. Bahkan banyak juga wisatawan yang menghabiskan malam untuk bertenda.

Selain yang disebutkan di atas, ada satu lagi fasilitas yang memanjakan wisatawan untuk bisa menjelajah Danau Lut Tawar, salah satunya dengan kapal KM Daluta Indah Wisata yang sudah ada sejak 2021 lalu.

Ya, kapal ini khusus mengangkut wisatawan yang hendak berkeliling danau sembari menikmati pemandangan perbukitan di sekitar danau yang begitu hujau, sejuk dan indah.

Untuk wisata air selain arung jeram juga bagi wisatawan yang ingin lebih santai dengan naik kapal mengitari danau Lut Tawar. Wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Lut Tawar sembari bersantai di kapal.

Para pengelola kapal tersebut hanya membebankan biaya sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu bagi wisatawan untuk naik ke kapal. Wisatawan akan diajak berputar mengelilingi danau dengan durasi 30 menit.

Untuk penyandaran kapal ada di Café Tujuh Semeja. Sembari menunggu kapal datang, tidak ada salahnya wisatawan untuk mencicipi kuliner di café yang menghadap ke danau Lut Tawar.

Kembali ke kapal, wisatawan tentu akan merasakan hembusan angin khas Aceh Tengah yang dingin dengan pemandangan panorama bukit hingga luasnya danau. Di sini, wisatawan bisa mengabadikan momen dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Kapal ini mampu menampung hingga 30 orang lebih di atasnya. Anda bisa memilih tempat duduk di atas yang telah di sediakan. Kemudian ada juga tempat duduk yang berada di belakang kapal.

Seorang pengunjung, Andre mengaku terbantu dengan kehadiran kapal tersebut. Menurutnya, fasilitas seperti ini perlu diperbanyak. Sebab, wisatawan ke Aceh Tengah selalu ramai, apalagi saat hari libur dan weekend.

Related posts