Minuman Khas Aceh yang Diyakini Bisa Menambah Stamina

Boh Manok Weng. (Kanal Aceh_

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aceh, daerah yang juga dikenal sebagai salah satu lumbung kopi terbaik Nusantara ini, memiliki varian olahan kopi yang begitu nikmat. Begitupun warkop-warkop di Aceh tak pernah sepi pengunjung, menyuguhkan rupa-rupa kreasi kopi bagi penikmatnya.

Bagi masyarakat Aceh, minum kopi bukan hanya sekedar budaya keseharian. Tapi, minum kopi juga bisa menambah stamina atau masyarakat Aceh lebih sering menyebutnya Poding.

Poding sejatinya ialah kopi campur telur. Kopi telur adalah hidangan yang berasal dari racikan kopi saring yang dicampur dengan telur yang sudah dikocok. Atau dalam bahasa Aceh popular dengan sebutan Boh Manok Weng.

Meski sudah dicampur telur, namun aroma kopinya tetap terasa, dan tidak berbau amis. Untuk menghilangkan bau amis, telur yang sudah dikocok menggunakan mixer lalu direndam dalam air panas. Selanjutnya diberi campuran kopi dan sedikit susu kental manis.

coffee latte ala Aceh ini cukup digemari pemuda. Salah seorang penikmat kopi telur kocok khas Aceh, Sahrial Nave mengatakan, banyak khasiat jika ingin mengkonsumsi minuman ini.

“Salah satunya bisa menambah stamina bagi pria. Namun, bukan berarti minuman ini tidak bisa diminum wanita. tetap bisa, biasanya perempuan mengkonsumsi kopi telur kocok ini sebagai penambah darah,” katanya.

Sementara itu, peracik kopi telur kocok di warkop BMW Kupi, Tajul menyebutkan, khasiat lain dari kopi telur kocok khas Aceh ini bisa menyegarkan tubuh.

“Dari olahannya dan campurannya yang membuat kopi telur kocok khas Aceh ini beda dengan yang ada di daerah lain. Apalagi kita menggunakan kopi asli Aceh,” katanya beberapa waktu lalu.

Telur yang digunakan ialah telur ayam kampung. Jika stok kosong BMW Kupi akan menggunakan telur ayam arab. Perharinya warung kopi ini bisa menghabiskan lebih dari 100 butir lebih telur per hari.

Di warkop BMW Kupi ini juga menyajikan varian campuran lain, seperti campuran Teh dan boh telur kocok yang dicampur dengan madu. Mengenai harga, satu gelas kopi telur kocok ini mulai dari Rp 12 ribu per gelas.

Sementara, di gerai ini juga ada sejumlah makanan khas Aceh lainnya, misalnya martabak telur, hingga nasi goreng. Namun, paling minum boh manok weng paling pas jika ditemani bersama pulot.

BMW kupi terletak ditempat strategis, tempat surganya warung kopi di jalan T. Panglima Nyak Makam, Lampineung, Kota Banda Aceh, Aceh, atau tepatnya di depan Hotel Hermes Banda Aceh. Selain di sana, BMW juga sudah membuka cabang di Batoh, depan termnila Batoh.

Namun, jika Anda mau membuat minuman boh manok weng sendiri di rumah juga bisa. Anda harus menyiapkan beberapa langkah dan bahan sebagai berikut

Bahan:

  • 2 butir telur ayam/kampung
  • 2 sendok susu kental manis
  • 2 sendok gula pasir
  • Air mendidih
  • Teh atau bubuk kopi

Cara Membuat:

  1. Pisahkan putih telur ayam kampung dari cangkangnya,lalu tuangkan ke gelas yang sedang aja.
  2. Kemudian tambahkan susu kental manis.
  3. Dan tambahan juga gula pasir.
  4. Kemudian aduk atau putar dengan mikser hingga mengental dan mengembang.
  5. Lalu masukkan seduhan air teh atau kopi.
  6. Kemudian tuangkan air mendidih hingga gelasnya penuh
  7. Kemudian yang terakhir sajikan jangan lupa gambarkan sesuatu si buihnya agar rasanya lebih nikmat.

Related posts