Wagub diskusi dengan Wakil Dubes Belanda di Jakarta

by Redaksi | Kanal Aceh

Jakarta – Wakil Gubernur Aceh, H Muzakkir Manaf atau yang kerap disapa Mualem, melakukan pertemuan dengan Wakil Duta Besar Belanda, Ferdinand Lahnstein, di kantor Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jalan HR Rasuna Said Jakarta, Rabu, (7/10) kemarin.

Pertemuan tersebut membahas isu-isu pembangunan di Aceh yang perlu mendapat perhatian khusus dari negara-negara Uni Eropa, dalam hal ini Kerajaan Belanda.

Dalam pertemuan tersebut, Muzakir Manaf juga menjelaskan proses pembangunan jalan lintas tengah Aceh, yang menghubungkan masyarakat dan mendorong perekonomian antar kabupaten. “tidak ada niat sama sekali untuk merusak hutan Ekosistem Leuser, saya datang ke sini untuk meminta bantuan teknis yang bisa diberikan oleh Pemerintah Belanda, untuk memastikan bagaimana untuk meminimalisir dampaknya terhadap Ekosistem Leuser,” ujar Wagub Aceh.

Wakil Dubes Belanda menyatakan, pihaknya akan menyampaikan perspektif dari Pemerintah Belanda kepada Komisi Uni Eropa, mengingat mayoritas jalan lintas tengah Aceh tersebut sudah terbangun.

F . Lahnstein juga menyatakan akan berkoordinasi dengan negara-negara donor lainnya, terutama Amerika Serikat, agar dapat bersinergi untuk menyesuaikan antara kebutuhan pembangunan di Aceh dan dukungan yang dapat diberikan oleh negara-negara donor.

Dalam pertemuan tersebut, Wagub Aceh yang didampingi tim Greenomics Indonesia, juga menyinggung tentang perlu adanya dukungan investasi dan teknologi dari Belanda untuk pembangunan infrastruktur pelabuhan laut yang dapat mendorong Aceh sebagai pusat perdagangan dunia seperti kejayaan Aceh dulu. [rilis]

You may also like