Buka Pameran Produk Unggulan Daerah, Doto Zaini Disambut Tarian Dampeng

Buka Pameran Produk Unggulan Daerah, Doto Zaini Disambut Tarian Dampeng
Pembukaan Rakerda Dekranasda Aceh dan Pameran Produk Kerajinan di Lapangan Sada Kata, Kota Subulussalam, Senin (02/11). Foto Humas Aceh.

Subulussalam (KANAL ACEH.COM) – Pembukaan Pameran Produk Unggulan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) se-Aceh di Lapangan Sada Kata Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Senin (02/11) berlangsung meriah. Ratusan masyarakat juga memadati arena panggung utama pameran itu untuk menyaksikan berbagai hiburan yang ditampilkan.

Pameran yang dirangkai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranas Aceh itu secara remi dibuka oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah. Diikuti 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

Pameran yang menghadirkan beragam Produk Kerajinan dan Makanan Tradisional Unggulan Aceh itu akan berlangsung hingga Rabu, 4 November mendatang.

Rombongan Gubernur Zaini Abdullah, sekira pukul 10.00 Wib tiba di lokasi pameran. Kedatangan orang nomor satu di Aceh ini, yang didampingi Ketua Dekranasda Aceh, Hj Niazah A Hamid, Hj. Marlina Usman, Walikota Subulussalam, Merah Sakti, Bupati Aceh Singkil Safriadi, disambut dengan tarian Dampeng, yakni tari khas andalan daerah berjuluk “Sada Kata” itu.

Tarian Dampeng ini, telah menjadi kesenian ‘wajib’ yang diperagakan pada momen pesta perkawinan dan sunat rasul secara adat. Tarian Dampeng juga merupakan tarian untuk menyambut tamu besar (raja), yang di iringi dengan alat-alat musik dan alunan lagu syair berbahasa Singkil. [Taufik]

Related posts