Gubernur Minta Daerah Persiapkan Dana Kebencanaan

Gubernur Minta Daerah Persiapkan Dana Kebencanaan
Gubernur Zaini Abdullah menyerahkan bantuan melalui Bupati Aceh Barat HT Alaidinsyah, untuk disalurkan kepada masyarakat korban banjir.

MEULABOH – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah minta agar Pemerintah Kabupaten/Kota mempersiapkan anggaran khusus untuk penangganan kebencanaan. Mulai tahun 2016, pinta Gubernur, masing-masing daerah mesti mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana dengan jumlah yang lebih besar daripada yang ada saat ini.

“Selama ini anggaran penanggulangan bencana hanya bertumpu pada Pemerintah Aceh saja, sementara dana yang dialokasikan di setiap kabupaten/kota sangat sedikit. Saya akan surati masing-masing daerah agar menambah alokasi dananya untuk penanggulangan bencana,” kata Gubernur, Kamis (17/12) siang, usai meninjau sejumlah lokasi banjir di Aceh Barat.

“Nanti semua Pemerintah tingkat dua harus mengalokasikan dana untuk banjir, jangan hanya bergantung tingkat satu, itu tak akan terakomodir,” imbuh Zaini Abdullah.

Dalam kunjungan kerja dalam rangka meninjau beberapa lokasi infrastruktur yang rusak akibat banjir di Aceh Barat dan Nagan Raya, Kamis (17/12) siang, Gubernur berjanji akan segera membangun fasilitas umum yang telah rusak dan ambruk diterjang banjir, seperti pemindahan lokasi jembatan, perbaikan kepala jembatan rusak serta membantu korban banjir.

“Penangganan infrastruktur yang rusak ini akan segera dilakukan dalam 2016, pemindahan arah sungai, lokasi yang dulu tanah sungai sudah ditanami kelapa sawit ini akan kita ambil kembali. Sungainya dana APBN sementara jembatan APBA,” jelas Zaini Abdullah, di dampingi Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah dan jajaran SKPA terkait.

Gubernur Aceh menyerahkan bantuan melalui Bupati, untuk disalurkan kepada masyarakat korban banjir seperti lauk pauk 500 paket, mie instan 200 dus, air mineral 80 dus, baju koko 200 pcs, sajadah pendek 200 pcs, mukena 200 pcs, kain sarung 200 pcs, daster 400 pcs, jilbab 240 pcs, sajadah panjang 40 lembar dan pempers 180 bag.

 

Penyerahan bantuan dilakukan di lokasi Masjid Baitul Makmur Meulaboh, turut disaksikan Danrem 012 Teuku Umar Kolonel Arh Ruruh A Setyawibawa, Dandim Aceh Barat, Dandim Nagan Raya serta pejabat Pemerintah Aceh dan Pemerintah kabupaten.

Setelah meninjau beberapa lokasi terdampak banjir, rombongan Pemerintah Aceh menyempakan diri makan siang dengan suguhan ikan payau. [taufik]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan