Hasil Survey: Irwan Djohan Ungguli Illiza dalam Pilkada Kota Banda Aceh 2017

by Redaksi | Kanal Aceh
Survey bakal calon kandidat Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh (foto: dok. ABI)

Banda Aceh (Kanal Aceh) – Aceh Branding Institute (ABI) merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah tokoh dalam bursa bakal calon kandidat Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh 2017-2022. Survei ABI dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1156 responden di 9 Kecamatan di Banda Aceh yang dijalankan pada 1 – 8 Desember 2015.

Direktur ABI, Muhammad Firdaus dalam rilisnya kepada media menuturkan bahwa poin dalam survei ini adalah menguji elektabilitas sejumlah tokoh yang sering dibicarakan dan diwacanakan oleh publik dan diprediksi akan maju sebagai kandidat Walikota atau sebagai Wakil Walikota dalam Pilkada Kota Banda Aceh pada tahun 2017 mendatang.

“Kami mengajukan 15 nama tokoh dengan kapasitas sebagai bakal calon Walikota/Wakil Walikota, lalu kami mengajukan pertanyaan siapa yang paling pantas menjabat sebagai Walikota dan sebagai Wakil Walikota Banda Aceh periode 2017-2012.” Papar Firdaus.

Firduas menjelaskan dari hasil survey tersebut, cuma ada tiga tokoh yang melewati angka 10 persen, yaitu Teuku Irwan Djohan yang menguasai 29,2 persen, Illiza Saadudin Djamal dengan perolehan 22,8 persen, kemudian disusul oleh Aminullah Usman dengan perolehan 14,7 persen.

Untuk Wakil Walikota, ada 5 nama yang melewati elektabilitas di atas angka 10 persen, yaitu di peringkat teratas Darwati A.Gani dengan perolehan 19,4 persen, Keuchiek Zainal 14,4 persen, kemudian disusul Sabri Badruddin 13,6 persen, Yudi Kurnia 11,3 persen dan Ibu Rusdi 10,2 persen.

“Sementara yang belum menentukan pilihan, baik pada pilihan Walikota dan Wakil Walikota persentasenya sama, yaitu sebanyak 14 persen,” ujarnya.

You may also like