Apa Jadinya Arsenal Tanpa Oezil?

ozil_arsenal_8_38111
Mesut Ozil (foto:hitc.com)

London (Kanal Aceh) – Mesut Ozil adalah pemain Arsenal yang paling bersinar pada paruh pertama musim ini. Bagaimana nasib Arsenal seandainya mereka tak punya Ozil?

Hingga pekan ke-19, Ozil telah membuat 16 assist, terbanyak di Premier League sejauh ini. Jumlah assist Ozil dua kali lipat dari milik Kevin De Bruyne (Manchester City) yang menjadi pesaing terdekatnya.

Selain membuat assist, Ozil juga menyumbangkan gol untuk Arsenal meski jumlahnya tak terlalu banyak. Playmaker asal Jerman itu tercatat mengemas tiga gol dalam 18 pertandingan.

Dengan demikian, berarti Ozil punya peran dalam terciptanya 19 gol Arsenal pada musim ini. Karena The Gunners sudah mencetak total 33 gol, berarti Ozil terlibat dalam sekitar 57,5% gol timnya.

Jumlah itu menunjukkan betapa besarnya kontribusi Ozil dan betapa bergantungnya Arsenal kepada dirinya. Bahkan, London Evening Standard menunjukkan apa yang terjadi dengan Arsenal seandainya Ozil tak ada di tim mereka.

Dengan Ozil, Arsenal kini memuncaki klasemen Premier League dengan 39 poin dan unggul selisih gol atas Leicester City. Tapi, kalau tak ada Ozil, mereka bukan cuma terlempar dari empat besar, tapi tercecer di posisi kesembilan.

Tanpa Ozil, Arsenal akan punya 11 poin lebih sedikit. ‘Meriam London’ juga akan menelan tiga kekalahan lebih banyak, yaitu saat bertemu Tottenham Hotspur, Norwich City, dan Manchester City.

Karena kompetisi baru berjalan separuhnya, Ozil tentu masih punya banyak kesempatan untuk terus menyumbangkan assist untuk Arsenal. Dia bahkan hanya perlu menambah 5 assist lagi untuk melewati rekor Thierry Henry (2004/2005) sebagai peng-assist terbanyak dalam satu musim Liga Inggris (20). (detiksport)

Related posts