Pakar Unsyiah usul kegiatan sumber dana Otsus minimal Rp1 miliar

Soal AKBP Untung, Dosen Unsyiah tulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi
Dosen yang juga pengamat ekonomi dari Universitas Syiah Kuala, Rustam Effendi. (Ist)

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Pakar ekonomi dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Rustam Efendi, mengusulkan kepada Pemerintah Aceh agar pada tahun ini dikeluarkan satu aturan, atau regulasi terkait dengan kegiatan pemerintah yang bersumber dari dana Otonomi khusus (otsus) Aceh, minimal nilainya Rp1 miliar.

Menurutnya, dengan adanya aturan tersebut, maka pemanfaatan dana Otsus yang memiliki jangka waktu, secara optimal akan lebih dirasakan masyarakat dampaknya.

Selama ini, tambah Rustam, usulan program dan kegiatan pemerintah Aceh yang bersumber dari dana otsus itukan belum memiliki aturan yang jelas, sehingga justru banyak program-program remeh temeh dengan anggaran yang minim juga memanfaatkan dana otsus sebagai sumbernya.

Nah, sambung Rustam, kalau seperti itu terus, maka tidak akan banyak lahir program dan kegiatan yang secara kongkrit memberikan kontribusi besar bagi pembangunan.

“Karena itu, saya usul agar minimal kegiatan yang menggunakan dana otsus sebagai sumber, nilainya Rp1 miliar,” tukasnya.

Dengan begitu, kata Rustam, akan banyak lahir program dan kegiatan yang secara nyata dapat dirasakan masyarakat, namun tentu saja, fokus kegiatan yang dianggarkan juga harus jelas, misalnya, sebut Rustam, kegiatan fisik infrastruktur jalan, jembatan, dan juga peningkatan ekonomi masyarakat.

Rustam menyebutkan, Pemerintah Aceh sendiri, telah mewacanakan akan mengeluarkan aturan dalam bentuk peraturan gubernur, yang menjabarkan perihal kegiatan yang bersumber dari dana otsus nilanya Rp500 juta, namun tentu saja nilai itu belum cukup. “Saya pikir Rp1 miliar minimal untuk kegiatan pemerintah yang bersumber dari dana otsus akan lebih nyata,” tandasnya.

Dari hal itu, Rustam berharap dengan adanya wacana tersebut perekonomian di Aceh bisa berkembang dan meningkat. [Aidil Saputra]

Related posts