7 Jembatan Paling Menakutkan Untuk dilewati

7 Jembatan Paling Menakutkan Untuk dilewati

Kanal Aceh, Banda Aceh – Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut (wikipedia).

Jembatan dapat dibuat dengan berbagai macam material yang kokoh. Dulu manusia membuat jembatan dengan batang pohon atau papan, menggunakan titik tumpang sederhana dan pengaturan palang yang bervariasi.

Namun sepanjang perkembangan zaman, manusia mulai memanfaatkan batu untuk membuat jembatan.

Pada Revolusi Industri di abad ke-19, rangka menggunakan besi sudah mulai diterapkan guna memajukan pembuatan jembatan. Struktur besar umumnya menggunakan tensile strength (kekuatan ketegangan) yang cukup untuk menopang beban besar.

Jembatan yang lebih besar dan tinggi dengan tensile strength umumnya dibuat dengan ide Gustave Eiffel, pertama kali diperlihatkan pada Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Sekarang ini berbagai macam jembatan indah, menantang ataupun mengerikan telah dibuat oleh manusia. Ada yang menyebutnya sebagai rancang-bangun unik dan keanehan dunia, namun jembatan-jembatan ini akan membuat Anda heran sekaligus penasaran sebab apa yang mereka lintasi terlihat begitu mengerikan.

Jembatan Aiguille du Midi merupakan bagian dari sejumlah gunung-gunung tinggi di Mont Blanc, Prancis. Kereta gantung akan membawa pengunjung ke tempat yang memiliki beranda untuk melihat pandangan, kafe dan jembatan luar biasa yang mempesona

Jembatan Aiguille du Midi merupakan bagian dari sejumlah gunung-gunung tinggi di Mont Blanc, Prancis. (makemytrip.com)
Jembatan Aiguille du Midi merupakan bagian dari sejumlah gunung-gunung tinggi di Mont Blanc, Prancis. (makemytrip.com)

Dalam bahasa Indonesia, jembatan tersebut berarti jarum Selatan (Needle of the South), yang memberikan indikasi tentang ketinggian jembatan. Di tengah-tengah pegunungan Alpin, jembatan kecil dari besi ini mengalihkan pengnjung menuju tebing-tebing berbatu.


Jembatan Carrick A Rede Rope adalah penyebrangan dekat Ballintoy, Irlandia Utara, menghubungkan daratan utama dengan pulau kecil bernama Carrickarede.

Jembatan penyebrangan dibuat oleh seorang nelayan 350 tahun lalu. (travelandleisure.com)
Jembatan penyebrangan dibuat oleh seorang nelayan 350 tahun lalu. (travelandleisure.com)

Jembatan ini memiliki panjang 20 meter dan berada pada ketinggian 30 meter di atas bebatuan. Penyeberangan ini menjadi daya tarik wisata dan dikelola oleh National Trust. Pengunjung terbanyak mencapai 240.000 orang pada tahun 2009. Penyeberangan ini dibuat oleh seorang nelayan pada 350 tahun lalu, dan dibuka sepanjang tahun bergantung pada cuaca. Jika kondisi cuaca buruk biasanya akan ditutup.


Daedunsan merupakan salah satu gunung paling dramatis dan berkesan untuk dijajaki.

Terletak di Provinsi Jeollabuk-do, jembatan ini menjadi daya tarik wisata yang memberikan panorama mempesona menuju puncak bebatuan ke atas gunung.

Suasana di atas gunung akan terbayarkan setelah melewati jembatan merah yang mengerikan itu. (makemytrip.com)

Jembatan dengan ketinggian 50 meter ini berada di atas bukit yang luas, menghubungkan jalur trekking bebatuan menuju gunung Daednsun. Suasana di atas gunung akan terbayarkan setelah melewati jembatan merah yang mengerikan itu.


Bridge of Immortals atau jembatan para manusia abadi, jembatan Huangshan di Pegunungan Kuning di China merupakan penyebrangan tertinggi di dunia.

Jembatan Huangshan di Pegunungan Kuning di China merupakan penyebrangan tertinggi di dunia. (makemytrip.com)

Jembatan ini sering dijadikan obyek fotografi dan subyek dari seni dan literatur. Tebing-tebing bebatuan pada sudut 90 derajat untuk mencapai jembatan, akan memberikan rasa gugup kepada pendaki dan petualang terbaik di dunia.


Jembatan Anti Mainstream atau tidak biasa di Cherrapunji di Meghalaya ini terbentuk dari akar hidup yang tumbuh sebagai penyokong jembatan. Penampilan jalan setapak ini pun begitu mempesona.

Jembatan berakar bertingkat Umshiang diduga merupakan satu-satunya di dunia dari jenisnya, dengan dua jembatan saling bertumupuk. (reshareit.com)
Jembatan berakar bertingkat Umshiang diduga merupakan satu-satunya di dunia dari jenisnya, dengan dua jembatan saling bertumupuk. (reshareit.com)

Penyebrangan ini terletak di dalam lokasi terbasah di dunia, yang memiliki kabut tebal, hujan deras, air terjun tertinggi di India dan pemandangan yang mempesona dan lingkungan paling ramah lingkungan yang pernah dilihat.

Jembatan berakar tingkat dua Umshiang ini diduga merupakan satu-satunya di dunia dari jenisnya, dengan 2 jembatan saling bertumpuk.


Jembatan gantung Mackinac menghubungkan peninsula atas dan bawah negara bagian Michigan.

Penyebrangan gantung terpanjang antar pelabuhan ini dijuluki ‘Big Mac’ atau ‘Mighty Mac’ menjadi destinasi yang wajib bagi pengunjung Michigan.

Jembatan Kackinac dengan panjang 8,038 meter. (cdn.photoshelter.com)

Jembatan ini dibuka pada tahun 1957 dan merupakan yang terpanjang ke-16 di dunia, dan terpanjang antar pelabuhan di belahan Bumi Utara dengan panjang 8,038 meter.


Jembatan di atas Sungai Arkansas ini menjulang setinggi 291 meter, dan dulu menjadi penyeberangan tertinggi di dunia.

Jembatan di atas Sungai Arkansas, menjulang setinggi 291 meter dan dulu menjadi penyebrangan tertinggi di dunia. (makemytrip.com)
Jembatan di atas Sungai Arkansas, menjulang setinggi 291 meter dan dulu menjadi penyebrangan tertinggi di dunia. (makemytrip.com)

Struktur raksasa ini menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya, dan memiliki pemandangan yang mempesona dari Taman Royal George.

Pecandu adrenalin gemar mengunjungi lokasi ini karena berbagai macam kegiatan yang digelar di sana, seperti bungee jumping, flying fox, Royal Rush SkyCoaster dan masih banyak lagi.

Berani melintasi jembatan-jembata ekstrem tersebut?

Related posts