Sensasi Kopi Bong Ala Bang Alek

Sensasi Kopi Bong Ala Bang Alek

KOPI Bong begitu Alek menamakan sajian kopi yang Ia ramu dengan menggunakan alat jenis syphone. Menurut Alek tidak ada maksud apapun Ia menyebut sajiannya dengan kopi bang, hanya saja, kata Alek, untuk memudahkan mengingat nama merek saja.

Alek menjelaskan, untuk menghasilkan cita rasa kopi bong yang enak, diperlukan campuran yang tepat antara air dan kopi. Sajian kopi bong milik Alek sendiri, perbandingan yang Ia campurkan tiga cup kopi arabica dengan air sebanyak 540 mili liter.

Guna menghasilkan kopi yang enak, mula-mula bagian kopi dimasukkan kedalam wadah bagian atas alat syphone, dan lalu, bagian bawah alat dimasukkan air dengan ukuran yang telah ditakar. Kemudian, air pada bagian alat di panaskan dengan api yang disebut kompor kecil dengan bahan bakar khusus.

Dengan metode pembakaran tersebut, air yang semula berada pada bagian bawa syphone, uap air naik ke atas permukaan, dan bercampur dengan kopi yang sebelumnya telah ditempatkan pada bagian atas alat.

“Jadi, sambung Alek, metode pencampuran kopi dengan uap air inilah yang menyebabkan cita rasa kopi menjadi berbeda,” ungkapnya.

Setiap harinya, Alek menjual tidak lebih dari 10 bong kopi, dengan tiap bong kopi diperuntukan bagi 8-9 gelas kopi ukuran kecil.

“1 bong saya jual Rp40 ribu, dan itu bisa untuk 9 orang,” jelasnya.

Bagi yang suka manis, Alek menyediakan gula yang sudah direbus sebagai campuran kopi. “Saya pakai gula cair untuk pemanis, tapi kebanyakan lebih suka kopi pahit,” katanya. [Saky]

Related posts