Hak Istimewa Bagi Penghapal Alquran di Universitas Malikussaleh

Hak Istimewa Bagi Penghapal Alquran di Universitas Malikussaleh
photo: kampus Universitas Malikussaleh Aceh Utara (wikimedia.org)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (Kanal Aceh) – Para penghapal Alquran mendapat hak keistimewaan untuk menjadi mahasiswa pada Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara, Aceh. Kampus itu menyediakan jalur khusus untuk bagi para penghapal Alquran.

Rektor Universitas Malikussaleh, Profesor Apridar, menjelaskan bahwa kebijakan baru itu diberlakukan tahun 2016. Kampus memprioritaskan para penghapal Alquran karena Aceh adalah daerah khusus bersyariat Islam.

“Kami memperioritaskan hafiz di Unimal sejak tahun ini. Kami akan minta ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memprioritaskan kelulusan untuk hafiz di Unimal,” ujar Apridar, Selasa, 26 Januari 2016.

Ads

Nantinya para hafiz itu dipersilakan mendaftar lebih dulu ke kampus melalui biro akademik. Para hafiz diminta menunjukkan bukti sertifikat sebagai hafiz yang diterbitkan lembaga penghapal Alquran.

loading...

Setelah mendaftar dan cukup syarat, nama-nama calon mahasiswa baru dari penghapal Alquran akan diusulkan kepada Kementerian untuk diutamakan. “Akan diprioritaskan melalui seluruh jalur penerimaan seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan UMBPT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tingg), kita beri ruang sebesar-besarnya,” katanya.

Selain menjadi prioritas pada penerimaan mahasiswa baru, penghapal Alquran itu juga akan diupayakan memperoleh biaya pendidikan atau beasiswa. Beberapa beasiswa di antaranya Bidik Misi, bantuan biaya siswa miskin, dan sejumlah bantuan dana pendidikan lain.

sumber (vivanews)

Ads