Himapalsa Sosialisasikan Pendaftaran PTN

Himapalsa Sosialisasikan Pendaftaran PTN
Himapalsa Sosialisasikan pendaftaran SNMPTN (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Banda Aceh dan Aceh Besar yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pelajar Kota Langsa (Himapalsa) Banda Aceh melaksanakan kegiatan aksi sosialiasi pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bertajuk “Himapalsa Saweu Sikula” selama dua hari berturut-turut, 25 – 26 Januari.

Kegiatan dengan tema “Satu Ikatan dalam Menyongsong Masa Depan yang Lebih Cerah untuk Pelajar Kota Langsa” ini dilaksanakan di beberapa SMA/MAN di Langsa, seperti SMA Negeri 4 Kota Langsa, SMA Negeri 3 Kota Langsa dan MAN 2 Kota Langsa.

Ketua Panitia, M. Iwan Kurniawan mengatakan kegiatan tersebut dijalankan mahasiswa asal Langsa yang memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan, khususnya pelajar kelas XII SMA/MAN. Mereka memberikan informasi terkait dunia perkuliahan yang akan dihadapi pelajar setelah Ujian Nasional (UN) April nanti.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang jalur masuk PTN, pemilihan jurusan yang sesuai minat dan bakat, memberikan pengetahuan siswa/i tentang akreditasi universitas, fakultas dan program studi yang ada di Aceh dan Indonesia,” ujar Iwan, Rabu (27/1).

Ia juga memberikan informasi terkait paguyuban Himapalsa, asrama mahasiswa Kota Langsa di Banda Aceh, biaya hidup, beasiswa, pertukaran pelajar, dan hal lainnya.

Ketua Umum Himapalsa, Heriana Juanda menegaskan bahwa seluruh mahasiswa Kota Langsa yang sedang menempuh studi di Banda Aceh membuka akses sebesar-besarnya dan memberikan sumbangsih nyata bagi pelajar Kota Langsa yang akan melanjutkan pendidikan.

“Saya rasa ilmu yang kita dapatkan selama di perguruan tinggi akan lebih bernilai jika dapat kita bagikan kepada masyarakat dan bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi semata,” ucapnya.

Sementara wakil kepala sekolah SMAN 3 Kota Langsa bidang kurikulum, Amir Hamzah Lubis mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban Himapalsa. Ia juga mengucapkan terima kasih karena telah membantu guru-guru untuk memberikan informasi kepada siswa dan siswi.

“Saya rasa mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan) yang termaktub dalam tri dharma perguruan tinggi dapat memberikan motivasi bagi adik-adik mereka untuk selalu mencari informasi yang telah tersedia secara online. Sosialisasi ini dilakukan mengingat saat ini sedang memasuki masa untuk mendaftarkan diri dalam proses pengisian dan verifikasi PDSS serta pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2016,” ungkap Amir Hamzah.

Proses pengisian dan verifikasi PDSS serta pendaftaran SNMPTN 2016 sudah mulai dibuka sejak 18 Januari hingga 12 Maret 2016. [Aidil Saputra]

Related posts