Presiden akan punya istana di Banda Aceh

Istana Gunongan Aceh Diusulkan Menjadi Istana Presiden di Aceh
Istana Gunongan Aceh (Waspada)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gedung Balai Pelestarian Cagar Budaya Banda Aceh yang terletak di Jalan Teuku Umar Nomor 1, Baiturrahman, Banda Aceh, dinilai cocok dijadikan sebagai Gedung Istana Kepresidenan di Aceh atau “Istana Gunongan Aceh”.

Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sangat ditunggu masyarakat Aceh. Jokowi sebelumnya bahkan sudah merespons wacana tersebut. Hal ini sebagaimana disampaikan salah satu tokoh masyarakat Aceh, Indra Azmi, kepada Waspada Online di Banda Aceh, Selasa (26/1) malam.

Indra yang merupakan salah seorang politisi partai itu mengaku pernah menjumpai Jokowi di Jakarta. Perbincangan yang dibahas salah satunya mengusulkan Istana Gunongan Aceh sebagai Istana Presiden di Aceh.

“Alhamdulillah, Pak Jokowi merespons usulan saya agar Gunongan dan gedung purbakala itu menjadi Istana Presiden RI di Aceh dengan nama “Istana Gunongan Aceh”. Maka nantinya beliau bisa menginap lama di Aceh untuk memberikan yang terbaik untuk kita semua,” ucap Indra.

Dirinya yakin bahwa Jokowi bersedia menjadikan gedung milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang kini masih sebagai Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Banda Aceh wilayah Kerja Provinsi Aceh dan Sumatera Utara itu menjadi Istana Gunongan Aceh.

“Kalau gedung itu nantinya dijadikan Istana Presiden di Aceh maka jelas akan terlihat kepemimpinan seorang Presiden dengan masyarakat sangat dekat. Untuk itu, rakyat Aceh segera menunggu Jokowi di Istana tersebut,” imbuh Indra.

Dirinya sangat berharap wacana tersebut segera terwujud. Bahkan diharapkan pada saat rapat-rapat dengan gubernur se-Sumatera atau tokoh-tokoh penting lainnya bisa dilakukan di Istana tersebut.

“Sudah sangat cocok gedung itu dijadikan Istana Presiden, saya harap dapat segera terwujud. Kalau bisa pun Jokowi menjadikan istana itu sebagai tempat-tempat yang menjadi catatan yang bersejarah bagi Aceh,” tukas Indra didampingi Ketua Partai PKPI Kota Banda Aceh yang juga Wakil Ketua Komisi C DPRK Banda Aceh, Daniel A Wahab.

Lebih lanjut, ia menambahkan saat ini di Indonesia yang memiliki Istana Presiden hanya Bali, Jakarta, Cipanas dan Bogor. Jokowi, kata dia, juga pernah menyampaikan bahwa target selanjutnya adalah Papua dan Aceh.

“Di Bali dan Bogor saja sudah ada Istana Presiden, pun Jokowi sangat merespons. Nanti kita lihat, begitu majunya Aceh ini jika wacana itu terwujud,” pungkasnya.

Gunongan merupakan simbol dan kekuatan cinta Sultan Iskandar Muda kepada permaisurinya yang cantik jelitan Putri Phang (Putroe Phang) yang berasal dari Pahang, Malaysia. []

Related posts