Brazil dilanda Virus Zika yang Dicurigai Penyebab Microcephaly

Brazil dilanda Virus Zika yang Dicurigai Penyebab Microcephaly
photo: salah seorang petugas sedang menyemprot rumah warga di brazil - ichef.bbci.co.uk
--Ads--
loading...

Brazil – Rabu lalu pemerintah Brazil mengatakan jumlah bayi yang lahir diduga menderita microcephaly (kepala kecil) telah mencapai 4.000 bayi. Pemerintah Brasil meyakini peningkatan ini disebabkan kejadian luar biasa (KLB) virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk.

Pejabat kesehatan Amerika juga telah mengeluarkan travel warning terhadap sebagian Afrika dan Ocenia. Kementerian kesehatan Brasil mengatakan hingga Oktober ada 3.893 dugaan kasus microcephaly, angka ini naik dari laporan minggu lalu dengan 3.500 kasus.

Hubungan antara microcephaly dengan virus Zika sebenarnya belum bisa dipastikan namun pada otak beberapa bayi yang meninggal dunia memang ditemukan virus Zika. Sejauh ini belum ada penyebab lain yang dicurigai.

Ads

Kondisi otak yang mengecil bisa berakibat kematian, kecerdasan yang rendah atau terhambatnya tumbuh kembang bayi .

Kementrian Kesehatan Brasil mengatakan dari 49 bayi yang meninggal karena microcephaly, lima di antaranya terinfeksi virus Zika.

Brasil menghadapi KLB terburuk virus Zika. Kasus paling banyak terjadi di Timur-laut Brasil. Di bagian Tenggara Brasil (daerah yang juga meliputi Rio de Janero dan Sao Paolo) virus Zika juga ditemukan.

Di Colombia lebih dari 13.500 kasus virus Zika telah dilaporkan. Kementrian Colombia juga menyarankan wanita untuk menunda kehamilan.

Minggu lalu Pusat Pemantau dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat telah mengeluarkan travel warning untuk wanita hamil. Kemudian menambahkan delapan daerah baru ke dalam daftar travel warning pada hari Jumat kemarin

Davis Ferreira, seorang ahli virus dari Federal University of Rio de Janeiro mengatakan pada BBC bahwa Brazil sedang dalam krisis seperti yang dihadapi Afrika Barat saat diserang wabah Ebola beberapa waktu lalu.

“Kami tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, kami sedang dalam kondisi darurat” Sekedar informasi, Rio de Janeiro akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada Agustus mendatang. Diperkirakan ada 10.500 atlet dari berbagai negara akan hadir.

Elison (10 tahun) menggendong adiknya Jose Wesley (dua bulan) yang lahir dengan microcephaly
Elison (10 tahun) menggendong adiknya Jose Wesley (dua bulan) yang lahir dengan microcephaly

 

Luiza
seorang bayi malang penderita microcephaly dari Pernambuco State Brasil yang sedang diukur kepalanya oleh dokter. Peneliti meyakini kelainan seperti yang diderita Luiza ini berhubungan dengan virus Zika.

 

SUMBER: Dailymail & kaskus