Perwakilan Aceh Ikuti Pelatihan Promosi Wisata di Singapura

Perwakilan Aceh Ikuti Pelatihan Promosi Wisata di Singapura
Peserta mengikuti acara pengembangan kapasitas aparatur daerah bidang tata kelola dan pemasaran pariwisata di Village Hotel Bugis, Singapura, 1 - 5 Februari 2016 (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh serta sejumlah perwakilan dari kota/kabupaten di Aceh mengikuti acara pengembangan kapasitas aparatur daerah bidang tata kelola dan pemasaran pariwisata di Village Hotel Bugis, Singapura, 1 – 5 Februari 2016. Acara yang diikuti oleh 25 peserta tersebut merupakan kerjasama Konsulat Jenderal Republik Singapura dan Singapore Cooperation Program (SCP).

Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti program pelatihan tersebut agar bisa memberikan perspektif baru dalam memajukan pariwisata di Aceh.

“Kita harapkan peserta mampu menciptakan program atau kegiatan berbasis promosi dan pemasaran pariwisata dalam bentuk action plan, sekaligus menyukseskan kampanye promosi pariwisata Aceh melalui rebranding Aceh dengan tagline barunya yang akan dirilis bulan Mei nanti,” sebutnya.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menyatakan bahwa peserta program pengembangan kapasitas ini tidak hanya belajar tentang keberhasilan industri pariwisata dan berkunjung ke objek-objek wisata unggulan di Singapura. Namun, para peserta juga diharapkan memiliki inovasi baru dalam memajukan industri pariwisata di daerah.

“Para peserta diharapkan mampu belajar dari keberhasilan industri pariwisata Singapura yang sampai hari ini jumlah kunjungan wisatawannya sudah mencapai 12 juta wisatawan, sekaligus bagaimana menciptakan strategi marketing yang baik dan terarah,” ujar ketua delegasi peserta program itu.

Rahmadhani menambahkan selama ini pasar wisatawan Aceh adalah beberapa negara ASEAN, khususnya Malaysia dan Singapura yang selalu berada dalam lima besar negara kunjungan wisatawan ke Aceh. Hal ini juga menjadi momentum penting dalam upaya mempromosikan wisata Aceh kepada masyarakat Singapura.

“Semoga industri pariwisata Aceh semakin berkembang dan maju dengan semakin baiknya SDM (Sumber Daya Manusia) di daerah melalui program ini, seperti Singapura yang berhasil membangun sektor pariwisata sebagai sektor unggulannya,” kata Rahmadhani. [Sammy/rel]

Related posts