Apa jadinya Kalau Badan Astronot Gatal?

Apa jadinya Kalau Badan Astronot Gatal?
Ilustrasi gambar Astronot (space.com)

Jakarta, KanalAceh — Kita semua tau baju astronaut yang sangat tebal dan kaku sangat sulit bagi astronaut untuk bergerak dengan bebas.

bagaimana kalau tiba-tiba astronaut merasa gatal, gimana cara menggaruknya, tuh?

Astronaut harus mengandalkan cara lain untuk menggaruk bagian yang gatal karena nggak mungkin kalau pakai tangan yang dibungkus sarung tangan tebal juga.

“Kamu bergoyang dan berguling-guling! Itulah satu-satunya hal yang benar-benar bisa dilakukan supaya meringankan gatal,” kata mantan astronaut, Clayton Anderson, tentang tips untuk mengurangi gatal selain di wajah.

Lain cerita kalau gatalnya di wajah, misalnya gatal di bawah wajah. Mikrofon yang berada di bawah helm astronot adalah salah satu benda yang umum digunakan untuk menggaruk, jadi astronaut harus menggeleng atau mengangguk.

Tapi ada dampaknya. Menggaruk pakai mikrofon bisa membuat posisinya berubah dan mengganggu kualitas suara saat komunikasi.

Pilihan lain adalah dengan Valsalva, yaitu foam atau busa yang melekat pada bagian bawah helm astronaut. Tujuan awal Valsalva adalah untuk memungkinkan astronaut untuk menutup lubang hidung kemudian bernafas untuk menyeimbangkan tekanan di telinga, tapi ini bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa gatal.

Jika gatal muncul di tempat yang tak terjangkau sama sekali, astronaut terpaksa bertahan saja. Selain harus ekstra fokus untuk menyelesaikan misi, pemandangan di luar angkasa kan bagus banget, jadi biasanya mereka mendistraksi diri sampai tidak merasa gatal lagi. Pasti sulit sekali.

sumber (student.cnnindonesia.com)

Related posts