Landasan Pacu Bandara Cut Ali akan Diperpanjang

Landasan Pacu Bandara Cut Ali akan Diperpanjang
Ilustrasi bandara (Kompas)

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan menyatakan Pemerintah akan memperpanjang landasan pacu Bandara Teuku Cut Ali di Kabupaten Aceh Selatan dan sarana pendukung lainnya apabila pemerintah daerah setempat bersedia menyiapkan lahan.

“Saya bercita-cita melakukan pengembangan pembangunan fasilitas bandara ini jika pemerintah daerah bersedia menyediakan lahan,” katanya saat meninjau Bandara Kelas IV Teuku Cut Ali di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (5/2).

Ia menyatakan, landasan pacu nantinya akan diperpanjang menjadi 1.600 meter dengan lebar 30 meter, kemudian fasilitas perkantoran yang masih minim juga diperbesar dengan didirikan gedung baru.

“Program ini akan tercapai, apabila penyediaan lahan mencukupi. Ini sangat tergantung kebijakan pemerintah daerah,” kata Ignasius Jonan.

Menurut dia, program pengembangan fasilitas bandara akan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pembangunan daerah dari sektor transportasi udara dengan tujuan memacu percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah.

Jika program pengembangan bandara tersebut terlaksana, maka keberadaan Bandara Teuku Cut Ali akan lebih mewah dan ditargetkan bisa mendarat pesawat yang lebih besar (berbadan besar).

“Minimal di bandara ini dapat didarati pesawat komersial jenis ATR dengan daya angkut 50 penumpang. Selain meningkatkan perekonomian rakyat, faktor ini juga menekan ongkos pesawat dengan tiket lebih murah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Teuku Cut Ali, Sutrisno menyebutkan saat ini fasilitas runway Bandara Teuku Cut Ali hanya memiliki panjang 1.180 x 23 meter. Sementara luas bangunan gedung berkisar 130 meter persegi dan belum mempunyai tempat parkir. Sesuai keinginan masyarakat dan harapan pemerintah, maunya Bandara Teuku Cut Ali bisa ditingkatkan.

“Bapak Menteri Perhubungan berharap pemerintah daerah memberi dukungan penuh untuk pengembangan pembangunan Bandara. Permintaan beliau hanya penyediaan tanah, sedangkan anggaran pembangunan dialokasikan pemerintah pusat semaksimal mungkin. Persoalan ini menjadi pertimbangan serius dan kami telah menyerahkan proposalnya kepada Pemkab Aceh Selatan,” kata Sutrisno.

Sekretaris Daerah Pemkab Aceh Selatan, Harmaini yang dikonfirmasi menyebutkan, pihaknya siap memenuhi permintaan Menhub untuk menyediakan lahan pembangunan Bandara Teuku Cut Ali.

Perhatian Menhub merupakan sebuah kemuliaan bagi pemerintah daerah setempat karena telah bersedia menindaklanjuti pembangunan Bandara Teuku Cut Ali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Menhub juga menyampaikan kepada kami keinginannya membangun fasilitas gedung dan perkantoran yang kondisinya sekarang ini sangat sempit dan fasilitasnya sudah banyak dimakan usia,” ulas Harmaini. [Antara]

Related posts