SLB di Bener Meriah Sempit dan Minim Pengajar

SLB di Bener Meriah Sempit dan Minim Pengajar
Ilustrasi siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Okezone)

Redelong (KANALACEH.COM) – Ruang belajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Ilham di Pondok Gajah, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, yang menampung Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ternyata sempit dan minim tenaga pengajar.

Anggota DPR Aceh, Bardan Sahiri berkunjung ke SLB tersebut baru-baru ini dan menemukan hanya terdapat beberapa ruangan. Hal ini lantaran area sekolah yang sempit membuat beberapa fasilitas sekolah tidak bisa difungsikan. Di kompleks SLB Yayasan Ilham Pondok Gajah, terdapat tiga jenjang pendidikan mulai dari SDLB, SMPLB, dan SMALB.

“Jumlah siswa 60, mulai dari jenjang SDLB, SMLB, dan SMALB,” kata Kepala SMPLB Yayasan Ilham Pondok Gajah, Irawati.

Menurut Irawati, jumlah guru 17 orang untuk tiga jenjang pendidikan. Bahkan untuk SMALB, gurunya masih berstatus guru honorer. Pihaknya pun menginginkan tenaga pengajar ditambah di SLB tersebut.

SLB Yayasan Ilham Pondok Gajah berdiri pada 2000. Kini kondisi SLB swasta itu hanya memiliki beberapa ruangan yang digunakan untuk tempat belajar mengajar, asrama putra dan putri, ruang praktik serta dapur umum.

“Kalau tidak ada sekolah ini, ke mana anak berkebutuhan khusus belajar? Makanya keberadaan SLB ini sangat penting,” ujarnya.

Usai peninjauan Bardan mengatakan pendidikan luar sekolah dan pendidikan luar biasa sering luput dari perhatian. Padahal pendidikan menjadi hak untuk semua orang.

“Kondisi SLB Yayasan Ilham Pondok Gajah, sangat memprihatinkan dan sudah semestinya menjadi perhatian pemerintah,” kata Bardan. [Wol]

Related posts