Siswa SMA Banda Aceh gelar aksi tolak Valentine

MPU Aceh: Dalam kalender tak ada perayaan Hari Valentine
Dokumentasi - Siswi SMA Labschool Unsyiah memegang poster bertuliskan "Muslim Tidak Merayakan Valentine" di Simpang Mesra, Banda Aceh, Sabtu (13/2/2016). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang ada di Kota Banda Aceh menggelar aksi tolak Valentine di Simpang Mesra, Banda Aceh, Sabtu (13/2).

Pantauan Kanal Aceh, terlihat siswa-siswi SMA sederajat membawa sejumlah poster bertuliskan “Remaja Muslim Bijak Tolak Valentine’s Day”, “We Are a Muslim No Valentine’s Day,” “Muslim Tidak Merayakan Valentine” serta tulisan serupa lainnya.

Siswa-siswi SMA sederajat yang mengikuti aksi tersebut yaitu dari SMAN 5 Banda Aceh, SMAN 8 Banda Aceh, SMAN 12 Banda Aceh, SMA Labschool Unsyiah, dan SMA Fatih Bilingual School.

Salah seorang guru SMAN 12, Suwardi mengatakan aksi ini merupakan perintah dari Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Dinas Pendidikan yang menyerukan agar siswa-siswi menolak hari Valentine yang jatuh Minggu (14/2), terutama untuk kalangan remaja.

“Kami mengajak siswa-siswi untuk menolak hari Valentine yang merupakan budaya barat dan mendukung syariat islam,” kata Suwardi kepada Kanal Aceh, Sabtu (13/2).

Ketua OSIS SMA Labschool Unsyiah, Taufik Ar-Rahman mengungkapkan alasan mengikuti aksi ini karena menolak perayaan Valentine yang tidak sesuai dengan Islam.

“Kita ingin membuat anak-anak muda Banda Aceh terutama siswa-siswi SMA untuk menolak Valentine karena tidak sesuai dengan budaya kita sendiri,” ujar Taufik.

Hal senada diungkapkan siswi lainnya, Soraya. Ia berharap dengan adanya aksi tersebut, remaja atau warga Banda Aceh tidak merayakan Valentine esok hari.

“Lebih baik perbanyak membaca Al-Quran dan beribadah agar banyak mendapatkan pahala,” ungkap Soraya.

Selain di Simpang Mesra, aksi serupa juga dilakukan siswa-siswi SMA di Simpang Lima dan Simpang Jambo Tape. [Aidil Saputra]

Related posts