K3S Unsyiah beri penyuluhan kepada lansia

K3S Unsyiah beri penyuluhan kepada lansia
Para lansia dari Desa Lamreh, kecamatan Darussalam, Aceh Besar mengikuti senam lansia, Senin (22/2) (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Mahasiswa Kepaniteraan Keperawatan Klinik Senior (K3S) Unsyiah memberi penyuluhan kepada para lanjut usia (lansia) di Desa Lamreh, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Senin (22/2).

Koordinator penyuluhan, Yelli Sustarina menjelaskan, kegiatan itu untuk memberikan perhatian pada penyuluhan penyakit yang kerap menimpa para lansia, seperti reumatik dan hipertensi.

Menurut Yelli, laporan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, lebih dari 25 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 18 tahun menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

“Sedangkan World Health Organization (WHO) memprediksikan pada tahun 2025 jumlah penderita hipertensi akan melonjak tajam sampai 29 persen dari penduduk dunia,” tambahnya.

Warga setempat, kata Yelli, sangat antusias mengikuti penyuluhan sehingga dapat menambah pengetahuan tentang gejala penyakit yang dideritanya.

Sementara, dosen pembimbing yang hadir dalam kegiatan, Teuku Tahlil mengatakan masyarakat harus menerapkan pola hidup yang ideal untuk mencegah hipertensi.

“Dalam kasus hipertensi dikenal dengan Cerdik yaitu, cek kesehatan secara berkala, hindari asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup dan kelola stres,” sebutnya.

“Dengan turun langsung ke lapangan, kami berharap mahasiswa mampu membentuk sikap siap melayani masyarakat pada dirinya dan melihat realitas masyarakat,” harap Teuku Khalil.

Selain penyuluhan, kegiatan ini juga diselingi dengan senam lansia yang fokus pada vitalisasi otak.

Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung di beberapa dusun di kecamatan Darussalam, dan akan ditutup dengan pemilihan dusun sehat. [Aidil Saputra/rel]

Related posts