Besok, Jokowi Kunjungi Tanah Gayo

Besok, Jokowi Kunjungi Tanah Gayo
Ilustrasi foto: Jokowi bersama Gubernur Aceh, credit: aceh.tribunnews.com

Takengon (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi dataran tinggi Gayo sekaligus  meresmikan Bandara Rembele di Kabupaten Bener Meriah, Selasa (1/3) besok.

Hal ini disampaikan Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah di Takengon, Senin (29/2) petang.

“Insya Allah besok Presiden Jokowi akan datang ke Aceh untuk meresmikan Bandara Rembele di Bener Meriah,” kata Zaini Abdullah.

Semula presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke “kota dingin’ Bener Meriah pada Rabu, 2 Maret 2016 namun mantan Gubernur DKI itu mempercepat kunjungannya satu hari. “Jadwal semula dipercepat satu,” terang Doto Zaini, seraya mengatakan panitia penyamputan Presiden RI sudah siap.

Perubahan jadwal kunjungan itu, dari Rabu (2/3/2016) menjadi Selasa (1/3/2016) diungkapkan juga Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara. “Benar, menurut jadwal yang kami terima, besok presiden akan ke sini, Kami juga telah membahas kedatangan presiden,” sebut Khairul Asmara, Senin (29/2) sore

Gubernur Zaini Abdullah lebih lanjut menjelaskan, Bandara Rembele merupakan satu-satunya pintu gerbang utama jalur udara untuk memasuki daerah dataran tinggi Gayo. Bandara yang pembangunannya dimulai awal tahun 2000 itu dinilai memiliki peran dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Tengah Aceh.

Doto Zaini juga mengatakan, keberadaan bandara Rembele akan mampu memudahkan akses wisatawan dan dunia usaha datang ke tanah Gayo, sehingga peluang untuk mengembangkan potensi daerah ini semakin terbuka.

Bandara Rembele, yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo merupakan bandara yang menghubungkan daerah wisata Dataran Tinggi Gayo. Pengembangan fasilitas Bandara Rembele telah dimulai sejak 2014 hingga 2015, terutama pada sisi udara maupun sisi darat.
Pada sisi udara telah dibangun perpanjangan landasan dari semula 30 x 1.400 meter menjadi 30 x 2.250 meter.
Selain itu telah dilakukan juga perluasan apron dari 80 meter x 106 meter menjadi 95 meter x 150 meter, pelapisan landasan pacu dan taxiway.

Sedangkan pada sisi darat, pengembangan yang dilakukan di antaranya, perluasan terminal dari semula 400 meter persegi menjadi 1.000 meter persegi dan juga mempercantik tampilan interior terminal. Perluasan terminal bandara tersebut diproyeksikan mampu menampung 200.000 penumpang per tahun.
Bandara Rembele terletak di Gampong Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, dengan ketinggian di perbukitan sekitar 1.400 meter dari permukaan laut. []

Related posts