DPR Aceh nilai eksekutif lamban soal PAG dan KEK

  • Whatsapp
Kautsar, SHI, Ketua Fraksi Partai Aceh, DPR Aceh.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota DPR Aceh dari komisi III, Kautsar, SHI, menilai eksekutif sangat lamban dalam pengelolaan bersama gas alam Aceh di perusahaan Perta Arun Gas (PAG).

Penilaian ini disampaikan Kautsar kepada Kanal Aceh, Kamis (3/2), saat pihak komisi III DPR Aceh melakukan kunjungan dan pertemuan dengan jajaran perusahaan tersebut di Lhokseumawe.

Menurutnya, lambannya kinerja eksekutif tersebut, menyebabkan Aceh rugi secara ekonomi, terutama soal share saham PAG kepada Pemerintah yang sampai hari ini belum jelas keberadaannya.

“Ini bagaimana, gas telah mengalir ke belawan dari Arun, tapi secara ekonomi belum memberikan manfaat bagi Aceh,” tukasnya.

Padahal kata politisi Partai Aceh (PA) tersebut, distribusi gas yang dijalankan oleh PT PAG telah berlangsung setahun yang lalu, namun manfaat ekonomisnya dalam aspek pendapatan untuk Aceh belum dirasakan.

“Sebab itulah maka kita cek dan tanyakan langsung ke PAG, apa masalahnya,” jelasnya.

Selain persoalan share saham dengan PT PAG, pihak komisi III juga melakukan peninjauan terkait dengan kesiapan kawasan Lhokseumawe yang akan dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK), tambahnya. “Jadi ada dua agenda penting yang komisi III ingin cek ke Lhokseumawe, sebab kedua halĀ  tersebut menyangkut isu ekonomi Aceh yang penting dan strategis,” tandasnya. [Saky]

Related posts