Illiza: saya akan tugaskan pemuda amankan pantai

Illiza: saya akan tugaskan pemuda amankan pantai
Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal takziah ke rumah duka, Jumat (11/3). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Meninggalnya bocah 7 tahun asal Seutui yang meninggal karena terseret arus pantai di Ulee Lheue, Al Kautsar, Jumat (11/3) mendapatkan perhatian khusus Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal.

Menurut Illiza, peristiwa nahas yang menimpa Al-Kautsar harus menjadi pelajaran bagi semua warga Kota Banda Aceh.

“Saya akan buat rapat terkait pengamanan pantai. Akan lebih efektif kalau aparatur dan pemuda gampong menjaga sejumlah pantai. Musibah ini harus menjadi pelajaran bagi kita semua,” ujar Illiza saat takziah ke rumah duka, Seutui, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (11/3).

Kata Illiza, peran pemuda dan aparatur gampong akan sangat efektif dalam meminimalisasikan terjadinya nahas seperti yang dialami mendiang Al-Kautsar karena pemuda dan aparatur gampong sangat mengenal lokasi pantai yang rawan terjadinya musibah.

Menurut Illiza, untuk tahap awal dibutuhkan standar operasional prosedur (SOP) terkait pengamanan pantai dan akan dibahas dalam Rapat Kerja (Raker) Pemko Banda Aceh dalam waktu dekat ini.

“Saya semalam sempat memantau pencarian. Saya lihat organisasi Panglima Laot, RAPI, BPBD dan SAR terus melakukan pencarian. Terkait soal pengamanan, saya pikir kita butuh SOP,” sebutnya.

Illiza menjelaskan soal bagaimana SOP nantinya dalam waktu dekat akan dibahas dengan lintas sektor.

“Tahap awal tetap harus ada partisipasi pemuda gampong dulu. Kita akan bahas ini dalam Raker Pemko beberapa hari lagi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat Pemko akan meminta instansi terkait untuk memasang papan pengumuman berupa larangan mandi dan berenang di lokasi-lokasi yang rawan terjadi peristiwa nahas. [Sammy/rel]

Related posts