Petahana dinilai miliki peluang menang dalam Pilkada

Petahana dinilai miliki peluang menang dalam Pilkada
Dekan FISIP Unsyiah, Syarifuddin Hasyim. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Calon kepala daerah petahana atau incumbent dinilai mempunyai peluang untuk menang dalam Pilkada Aceh 2017.

Hal itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsyiah, Syarifuddin Hasyim. “Itu karena program-program yang dijalankannya disukai masyarakat,” kata Syarifuddin kepada Kanalaceh.com di Banda Aceh, Senin (14/3).

Apalagi jika memang calon petahana yang maju itu dinilai masyarakat sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu daerah.

Namun, sambung Syarifuddin, tidak menutup kemungkinan calon kepala daerah yang baru juga bisa memenangkan Pilkada.

“Karena hal itu bisa dipengaruhi dengan money politics (politik uang), walaupun uang yang dibagikan nominalnya kecil,” ujarnya.

Tapi, ia menyebutkan jika masyarakat cerdas pasti akan memilih pemimpin yang cerdas dan tak akan terpengaruh dengan money politics.

Lanjutnya, para calon kepala daerah yang maju melalui jalur independen juga mempunyai peluang, dan itu sah saja. “Untuk saat ini tidak bisa diprediksi karena semua mempunyai kesempatan yang sama,” ucapnya.

Syarifuddin menegaskan agar semua calon kepala daerah yang maju nantinya baik melalui jalur partai atau independen harus mengikuti etika politik.

Hal ini dinilai, kata Syarifuddin, agar stabilitas daerah tidak terganggu dengan adanya pemilihan kepala daerah lima tahunan itu.

“Pada prinsipnya, sesama calon kepala daerah tentunya harus saling menjunjung tinggi nilai demokrasi agar terciptanya saling menghargai dan menghormati,” kata Syarifuddin. [Aidil Saputra]

Related posts