Cabai merah di Banda Aceh Rp47 ribu per kilogram

Cabai merah di Banda Aceh Rp47 ribu perkilogram
Cabai dan bawang merah (tempo.co)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Harga Cabe Merah di Banda Aceh terus merangkak naik, dari Rp. 31.162/Kg pada Februari 2016 terus naik hingga Rp. 47.606 pada minggu ke II Bulan Maret 2016.

Merangkak naiknya harga cabai merah ini, menjadi salah satu bahasan penting saat berlangsungnya rapat tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kota Banda Aceh, Kamis (17/3) di aula Pemko.

Kepala BPS Kota Banda Aceh, Surya Adi Taufik, menjelaskan, selain Cabe Merah, komoditas strategis lainnya yang terus naik harganya adalah Bawang Merah yang hingga saat ini telah mencapai Rp. 38.684/Kg. Padahal di Minggu I Maret harganya sudah sempat turun menjadi Rp. 31.114 dari Rp. 34.414/Kg pada Februari 2016.

Dalam rapat yang dipimpin Asisten Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Setdakota Banda Aceh, Ir Gusmeri ini, juga terungkap beberapa komoditas lain yang mengalami kenaikan harga pada bulan Februari dan menyebabkan terjadinya inflasi di Banda Aceh sebesar 0,02 persen.

Beberapa komoditas strategis lainnya yang mengalami kenaikan tersebut diantaranya, daging sapi, dan minyak goreng. Inflasi terjadi diyakini karena pada Bulan Februari seluruh warga Banda Aceh melaksanakan kenduri Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang menyebabkan sejumlah komoditas menjadi incaran warga untuk kebutuhan kenduri tersebut.

Sementara beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga adalah daging ayam ras, telur ayam ras dan gula pasir. Sedangkan harga beras tetap stabil, selain karena sedang musim panen,  kestabilan harga beras juga disebabkan karena telah didistribusikannya Raskin oleh Bulog kepada warga Kota.

Turut hadir dalam rapat ini, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Samsuar, Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh, Arie Maula Kafka, Kabag Humas Setdakota Wirzaini Usman, Perwakilan dari Bappeda dan Dinsosnaker Kota serta dari Dishubkominfo Kota Banda Aceh. [Saky]

Related posts