Gubernur ajak lulusan PT tekuni dunia usaha

Gubernur Aceh : Dokter mengabdi pada profesi bukan materi
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. (BBC)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengajak para lulusan perguruan tinggi untuk menekuni dunia usaha guna mengatasi permasalahan minimnya lapangan kerja yang tersedia.

“Lulusan semakin bertambah, tapi lapangan kerja masih minim,” katanya saat memberikan sambutan pada wisuda sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry di Auditorium Ali Hasjmy, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (22/3).

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Zaini menyatakan perlunya keterlibatan dan partisipasi aktif seluruh stakeholder, terutama lembaga pendidikan di Aceh agar dapat membekali peserta didik dengan semangat wirausaha, sehingga mereka lebih siap ketika terjun ke masyarakat nantinya.

“Kami terus berupaya sekuat tenaga agar iklim investasi Aceh dapat terus berkembang untuk memperluas lapangan kerja yang ada, termasuk melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang terus melakukan berbagai program dalam rangka mencetak lebih banyak pengusaha di Aceh,” ujarnya di hadapan 967 lulusan dari pelbagai program pendidikan, baik dari Program Diploma III (D-III), Strata 1 (S1), Program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3).

Zaini Abdullah mencontohkan, saat ini jumlah pengusaha di Indonesia sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pengusaha di negara tetangga yang lebih maju dari tingkat perekonomian. “Pengusaha di Indonesia, pada tahun 2015 hanya berkisar 1,65 persen dari jumlah penduduk. Bandingkan dengan Malaysia yang mencapai 5 persen, dan Singapura 7 persen. Semakin tinggi jumlah pengusaha, maka semakin banyak angkatan kerja yang bisa diserap,” katanya.

Tantangan dalam menciptakan lapangan pekerjaan saat ini menurut Zaini semakin diperkuat dengan berlakunya Pasar Bebas Asean dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN, di mana penguasaan skill amat menentukan keberhasilan.

“Jangan hanya terpaku pada peluang menjadi karyawan atau PNS, sebaliknya ciptakan peluang dengan menumbuhkan kreativitas dalam wirausaha.”

Kepada para wisudawan dan wisudawati, ia berpesan agar para lulusan dapat menguasai teori dan terus menggali pengalaman lebih mendalam melalui praktik dalam kehidupan sehari-hari. “Ingatlah, prosesi wisuda ini bukanlah akhir dari perjalanan, tapi justru merupakan permulaan kehidupan yang sebenarnya,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts