Dua rumah tertimbun longsor di Aceh Barat

Dua rumah tertimbun longsor di Aceh Barat
Ilustrasi banjir. (Viva)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat sejak Senin (21/3) malam mengakibatkan tujuh kecamatan terendam banjir luapan air sungai. Air yang menggenangi 47 desa dari 7 kecamatan itu mencapai 60-150 sentimeter.

“Banjir terjadi diperkiran terjadi tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Kecamatan yang terendam banjir meliputi Woyla Timur sebanyak 15 desa, Woyla Barat sebanyak 14 desa, Panton Reu sebanyak 9 desa, Johan Pahlawan sebanyak 1 desa, Kaway XVI sebayak 3 desa dan Meureubo sebanyak 1 desa serta Sungai Mas sebanyak 4 desa,” kata Saiful AB, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Selasa (22/3).

Menurut Saiful, banjir yang melanda Aceh Barat merendam setidaknya 2.858 rumah warga. Sebanyak 16 kepala keluarga dari Desa Blang Luah, Kecamatan Woyla Timur sudah mengungsi ke balai pengungsian yang telah disiapkan oleh pihak BPBD setempat.

Selain merendam ribuan rumah warga, lanjut Saiful, bencana banjir juga telah menyeret satu rumah warga Desa Kejeung, dan dua rumah tertimbun longsor milik Ramuat dan Abu Dian, di Kecamatan Sungai Mas.

“Dua rumah tertimbun longsor dan satu hanyut terseret arus, kita telah menurunkan petugas untuk penangan korban di lokasi,” tambahnya.

Sementara itu, ada tujuh lokasi titik longsor di ruas jalan Meulaboh–Tutut, yaitu jalan alternatif penghubung antar kabupaten dan penghubung kota di Kecamatan Sungai Mas tidak dapat dilalui karena tertimbun longsor.

“Jalan Meulaboh-Tutut putus tertimbun longsor, sekarang sedang ditangani kita telah mengerahkan dua unit alat berat,” katanya. [Kompas]

Related posts