Aceh fokus peningkatan produktivitas Pajale

by danirandi
Aceh fokus peningkatan produktivitas Pajale

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rapat Koordinasi Upaya Khusus peningkatan produksi Padi, Jagung, dan Kedelai (PAJALE) dibuka di Gedung Amel Convention Hall, Lamteh, Banda Aceh, Rabu malam (23/03).

Acara ini dibuka Lansung Gubernur Aceh yang diwakili oleh Staf ahli bidang Pemerintahan Iskandar A Ghani, dan sekaligus penyerahan penghargaan bagi penyuluh dan Babinsa pertanian terbaik Kabupaten/Kota se –Aceh.

Dalam sambutannya Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan sektor pertanian merupakan bagian yang terpenting di Aceh, dikarenakan hampir sebagian mayarakat Aceh kebutuhan ekonominya berasal dari pertanian.

“Untuk itu ada 3 komoditi  yang menjadi fokus perhatian kita diantaranya, padi ,jagung, dan kedelai ,” kata Zaini yang diwakili oleh Staf Ahli Pemerintahan Iskandar A Ghani.

Kemudian kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh, Abubakar Karim yang juga penanggung jawab rakor tersebut mengatakan tujuan dilaksanakan rapat upaya khusus ialah untuk menjaring berbagai masukan dari apa yang telah didapatkan dari padi, jagung dan kedelai.

“Di Aceh sendiri agak sulit, karena ada istilah 6 bulan berabe, dan 6 bulan tanam padi, maka dari itu butuh proses perubahan,” jelas Abubakar.

Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Abubakar menambahkan hanya satu kabupaten yang tidak termasuk, yaitu kota Banda Aceh. Rapat Koordinasi Upsus ini dihadiri DPRA, perwakilan Kodam, bupati Bireun, wakil bupati Aceh Timur, sekretaris daerah (sekda) Aceh Barat daya, dan perwakilan – perwakilan dari setiap kabupaten/kota se-Aceh. Dan di perkirakan berlansung sampai  Kamis, 25 Maret mendatang . [Fahzian Aldevan]

You may also like