Cuaca panas, kebun bambu di Aceh Utara terbakar

Cuaca panas, kebun bambu di Aceh Utara terbakar
Petugas damkar berusaha memadamkan kebakaran kebun bambu dan semak belukar di Desa Ude, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (24/3). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Warga Desa Ude, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara dikejutkan dengan kobaran api yang membakar kebun bambu dan semak belukar di kebun milik salah seorang warga desa tersebut, Abdurrahman, Kamis (24/3). Kebakaran diduga terjadi akibat kondisi cuaca panas yang terjadi di Aceh Utara beberapa hari terakhir.

Peristiwa kebakaran lahan bambu itu membuat warga sekitar panik. Salah seorang warga, Suryadi mengaku sebelumnya mereka tak tahu dari mana api itu muncul.

“Kami tak tahu dari mana api berasal karena tiba-tiba membakar kebun bambu dan semak belukar. Warga pun baru mengetahui peristiwa itu setelah melihat api semakin membesar,” ujar Suryadi yang ikut membantu memadamkan api.

Suryadi menambahkan, sekira pukul 15.00 WIB, ia yang juga merupakan Ketua Pemuda di Desa Ude itu melaporkan kejadian tersebut kepada anggota unit Intel Kodim 0103/Aceh Utara perihal kebakaran tersebut.

“Setelah kami cek, api sudah menjalar ke kebun warga lainnya,” ungkapnya.

Menurut Suryadi, warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, upaya warga itu sedikit terhambat karena kondisi kebun yang kering dan cuaca panas membuat api semakin membesar.

“Untung saja, mobil pemadam kebakaran cepat datang ke lokasi sehingga api bisa dipadamkan,” tuturnya.

Setelah mendapatkan laporan perihal kebakaran tersebut, anggota unit Intel Kodim 0103/Aceh Utara dan Koramil 15/Matangkuli bersama warga berusaha memadamkan kobaran api dengan air yang diangkut dari irigasi sawah.

“Karena api makin besar, kami menghubungi pihak pemadam kebakaran yang ada di posko damkar. Sekitar 20 menit kemudian, mobil damkar tiba dan langsung memadamkan api hingga padam. Saat ini warga terus siaga di lokasi,” ujar Suryadi. [Rajali Samidan]

Related posts