Koordinasi dinilai perlu untuk menunjang pembangunan industri

Koordinasi dinilai perlu untuk menunjang pembangunan industri
Menperin, Saleh Husin menabuh rapai pada pembukaan Rakornas penyusunan program penumbuhan dan pengembangan IKM tahun 2017 Aceh yang digelar di Hotel Hermes, Banda Aceh, Minggu (27/3). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Asisten I Setda Aceh, Muzakkar A Gani mengatakan untuk menunjang keberhasilan pembangunan industri di pusat dan di daerah diperlukan suatu koordinasi, perencanaan program, sistem pembinaan yang konseptual, terarah dan efektif yang menuntun para aparatur pemerintahan dalam melaksanakan tugasnya.

Hal itu disampaikan Muzakkar A Gani pada Rakornas penyusunan program penumbuhan dan pengembangan IKM tahun 2017 di Aceh yang dihadiri langsung Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Saleh Husin di Hotel Hermes, Banda Aceh, Minggu (27/3).

“Penting adanya suatu pola yang dapat dijadikan sebagai acuan umum dalam perencanaan dan penyusunan program kerja, agar kegiatan-kegiatan pembangunan industri dapat semakin berhasil,” kata Muzakkar.

Lanjutnya, hal ini perlu juga didukung oleh keterlibatan perusahaan besar, baik itu BUMN maupun swasta dalam melakukan pembinaan terutama kepada sentra sentra industri kecil dan menengah melalui program keterkaitan pembinaan.

Saat ini, sambung Muzakkar, banyak kecenderungan bergesernya struktur perekonomian ke arah industri. Pergeseran ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional.

“Pembangunan industri diarahkan untuk memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha sekaligus mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai sektor pembangunan,” ujarnya.

Karena itu ia menegaskan, melalui kegiatan Rakornas penyusunan program IKM ini diharapkan ada alternatif-alternatif yang dapat dilakukan terhadap permasalahan dan upaya dalam pengembangan sektor industri.

“Sehingga dengan adanya rapat ini ada kemanfaatan yang dapat diberikan kepada masyarakat dan pembina industri,” ujarnya. [Aidil Saputra]

Related posts