Wagub resmikan Dayah Sirajul Muna di Lhokseumawe

Wagub resmikan Dayah Sirajul Muna di Lhokseumawe
Wagub Aceh, Muzakir Manaf memberikan sambutan pada peresmian Dayah Sirajul Muna di Gampong Blang Crum, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Senin (28/3). (Ist)

Lhokseunawe (KANALACEH.COM) – Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf meresmikan Dayah Sirajul Muna di Gampong Blang Crum, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Senin (28/3). Peresmian tersebut dilaksanakan bersamaan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw di dayah tersebut.

Dalam sambutan singkatnya, Mualem, sapaan Muzakir Manaf menyatakan mendukung pembangunan dayah di Aceh. Menurutnya, dengan adanya dayah akan banyak anak Aceh menuntut ilmu agama.

“Ilmu dunia dan akhirat harus seimbang agar kita bisa hidup bahagia baik di dunia maupun akhirat,” kata Mualem.

Ia berharap meskipun baru berdiri lima bulan, Dayah Sirajul Muna dapat terus berkembang serta melahirkan kader-kader berguna bagi agama dan bangsa.

“Kita akan memprioritaskan dan memaksimalkan perhatian terhadap dayah-dayah yang di Aceh ke depan,” kata Mualem.

Pimpinan Dayah Sirajul Muna, Tgk. Mulyadi M Jamil sangat berterima kasih atas kehadiran Wagub Aceh dalam peresmian dayah tersebut.

Tgk. Mulyadi mengatakan, pembangunan dayah tersebut terlaksana berkat bantuan masyarakat dan juga pemerintah. Saat ini, kata Tgk. Mulyadi, ada sekitar 30 murid yang menuntut ilmu agama di dayah itu dan akan terus bertambah.

“Ada juga murid yang datang dari luar desa ini. Mereka yang bukan dari daerah sini tinggal di asrama,” kata Tgk. Mulyadi

Tgk. Mulyadi menjelaskan Dayah Sirajul Muna merupakan dayah pertama yang dibangun di gampong itu dan baru berjalan sekitar lima bulan. Dayah itu berdiri atas inisiatif dirinya dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

“Ini luasnya sekitar dua hektar, kita akan terus membenahi berbagai fasilitas infrasruktur agar dapat menampung santri dan santriwati,” ujar Tgk. Mulyadi. [Sammy/rel]

Related posts