Perketat pengamanan, Rutan Lhoksukon pasang 16 CCTV

Perketat pengamanan, Rutan Lhoksukon pasang 16 CCTV
Ilustrasi tahanan dan narapidana. (Reuters)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan dan untuk memperketat pengamanan, Rumah Tahanan (Rutan) Lhoksukon, Aceh Utara memasang kamera pengawas atau closed-circuit television (CCTV) di 16 titik di dalam rutan untuk mengawasi aktivitas para tahanan dan narapidana.

Kepala Rutan Lhoksukon, Effendi mengatakan dengan dipasangnya kamera tersebut, ia bisa memantau aktivitas para tahanan dan narapidana langsung dari ruang kerjanya.

“Kami memasang kamera ini untuk melihat aktivitas maupun gerak-gerik yang mencurigakan dari tahanan dan narapidana. Jika terjadi sesuatu maka bisa dibuktikan dengan CCTV yang telah dipasang,” tuturnya kepada Kanalaceh.com di ruang kerjanya di Rutan Lhoksukon, Kamis (31/3).

Ia menambahkan, selain mencegah aksi tindak pidana lainnya, pihaknya juga melakukan penjagaan secara ketat dan menggeledah barang-barang yang dibawa oleh keluarga tahanan dan narapidana saat membesuk.

“Sebelumnya petugas beberapa kali mendapatkan adanya penyelundupan narkoba jenis ganja dan sabu dalam rutan. Kami tidak mau kejadian serupa kembali terulang,” ungkapnya.

Selain memasang CCTV, Effendi mengatakan pihaknya juga akan memperketat aturan kunjungan keluarga tahanan dan narapidana.

“Kami juga akan pemeriksaan secara intensif terhadap barang-barang yang dibawa pembesuk,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts