Leonardo DiCaprio bahas soal gajah selama dua hari di Aceh

Leonardo DiCapiro bersama aktivis lingkungan dari HAKA di Leuser, Aceh, 26 Maret lalu. (EPA)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Rudi Putera, aktivis Forum Konservasi Leuser, mengatakan aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio, hanya dua hari berada di Aceh untuk melihat keanekaragaman hayati yang ada di Aceh, kemudian langsung pulang.

“Dia pertama kali datang pada tanggal 26, lalu pada 27 Maret 2016 langsung pulang,” kata Rudi, yang ikut mendampingi DiCaprio selama dua hari di Aceh, Sabtu (2/4) malam.

Penerima penghargaan Green Nobel Goldman pada 2014 ini menuturkan kedatangan DiCaprio ke Aceh hanya kunjungan biasa untuk melihat keanekaragaman hayati yang dimiliki di Aceh, khususnya kawasan ekosistem Leuser.

Rudi berujar, setelah tiba di Bandara Kualanamu, Medan, pada 26 Maret 2016 dengan menggunakan helikopter, DiCaprio berkunjung ke Conservation Response Unit (CRU) di Desa Serbajadi, Aceh Timur.

Selama dua jam, peraih Best Actor di Piala Oscar 2016 tersebut melihat gajah dan berbincang soal konflik gajah dengan masyarakat. Ia sempat bercanda dengan sejumlah anak-anak yang kebetulan ada di wilayah konservasi itu.

Setelah dari sana, sekitar pukul 12.00 WIB, DiCaprio berangkat menuju Sibolangit, Sumatera Utara, untuk melihat Pusat Karantina Orangutan. Rencana awal, ia langsung menuju pusat penelitian Ketambe, Aceh Tenggara.

Tapi agenda tersebut terpaksa dibatalkan karena cuaca kurang mendukung untuk penerbangan helikopter. “Kunjungan ke Ketambe besoknya,” ucap Rudi.

Rudi menambahkan, karena pembatalan ke Ketambe, DiCaprio sampai sore menikmati Pusat Karantina Orangutan dan malam itu menginap di Medan.

Besok paginya, DiCaprio berangkat ke Bandara Kualanamu menuju Ketambe, dan sampai di sana siang hari.

Di stasiun penelitian Ketambe, menurut Rudi, DiCaprio melihat orang utan dan kondisi stasiun. Sekitar pukul 15.00 WIB, ia keluar dari Ketambe dengan menyeberangi sungai. Sekitar pukul 16.00, DiCaprio terbang lagi ke Kualanamu.

“Setahu saya, Leonardo DiCaprio, sehari setelah kunjungan itu, tak lagi berada di Indonesia,” ucapnya. [Tempo]

Related posts