Mahasiswa gelar aksi tuntut Pilkada bersih

Mahasiswa yang tergabung dalam GAMA menggelar aksi di depan Mapolda Aceh, Banda Aceh, Senin (4/4). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam Gerakan Aktivis Mahasiswa Aceh (GAMA) melakukan aksi di depan Mapolda Aceh, Banda Aceh, Senin (4/4).

Pantauan Kanalaceh.com, mahasiswa yang memakai jas almamater dari kampus masing-masing itu membawa spanduk bertuliskan “Kawal Pemilukada Aceh 2017″ dan ” Basmi Mafia Pilkada”.

Para mahasiswa itu menuntut agar pesta demokrasi lima tahunan itu meminta kepada semua pihak untuk bersinergis menyukseskan penyelenggaraan Pilkada.

“Penyelenggara pemilu, KIP dan Panwaslu harus menjamin terselenggaranya Pilkada yang sesuai aturan hukum dan bersih,” kata koordinator aksi, Heri Safrizal.

Heri juga menuntut kepada pihak keamanan TNI dan Polisi harus menjaga keamanan di Aceh, agar Pilkada jauh dari intimidasi dan money politics.

“Intimidasi dan money politics dapat mencederai kebebasan demokrasi di Aceh,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga menuntut agar DPRA segera membahas dan merevisi Qanun Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pilkada agar adanya kepastian hukum yang jelas.

“Hal ini untuk mewujudkan Pilkada Aceh yang sesuai harapan. Juga menghasilkan pemimpin yang memberi dampak untuk kemajuan Aceh,” katanya.

Selain di depan Mapolda, mereka juga melakukan aksi di depan gedung DPRA dan berakhir di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh. [Aidil Saputra]

Related posts