Susi Pudjiastuti: Aceh sudah siap? Ledakkan!

Leonardo DiCaprio puji Menteri Susi
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjianti. (Antara Foto)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memimpin proses penenggelaman 23 kapal asing pelaku illegal fishing di perairan Indonesia dari kantornya di Jakarta. Proses penenggelaman untuk kapal sitaan sendiri berlangsung di 7 lokasi berbeda, namun dalam waktu bersamaan.

Untuk memudahkan dalam koordinasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuat teleconference. Proses ini dimulai pukul 10.44 WIB di GMB 4, KKP.

Saat berada di ruang, Susi langsung memberi perintah lantang kepada setiap pemimpin regu peledakkan di setiap lokasi, di antaranya Aceh.

Susi menanyakan kesiapan di sana. Selanjutnya, komandan lapangan di sana menjawab siap. Setelah mendengar kesiapan dari lokasi, Susi langsung berteriak: ledakkan.

“Aceh, sudah siap? Siap! Saya hitung mundur 5, 4, 3, 2, 1. Ledakkan!” perintah Susi dari kantornya, Jakarta, Selasa (5/4).

Proses peledakan di setiap lokasi berlangsung hanya sekitar dua menit. Usai satu lokasi berhasil diledakkan, Susi berpindah ke daerah lain, seperti Batam.

Bila proses peledakan di satu lokasi selesai, seluruh peserta nonton bersama penenggelaman kapal illegal fishing langsung bertepuk tangan. Ruang acara terdengar gemuruh oleh sahutan dan tepuk tangan dari tamu dan petinggi KKP.

Pada acara itu, hadir juga Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, Ketua Pelaksana Harian (Kalakhar) Satgas 115 TNI AL Laksamana Muda Arie Sembiring, Wakabaharkam Polri Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo.

Sisanya adalah petinggi KKP serta perwira TNI dan Polri. Suasana ruang acara penuh oleh tamu undangan.

Acara ini selesai pada pukul 11.03 WIB. Selanjutnya, Susi menggelar acara jumpa pers.

Susi mengatakan pemerintah tidak akan berhenti melakukan penenggelaman kapal maling ikan. Alasannya, aksi ini dilakukan untuk mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa.

“Pemerintah tidak akan berhenti melakukan penenggelaman kapal dalam rangka mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa,” kata Susi. [Detik]

Related posts