Lima artis Hollywood yang diam-diam kunjungi Indonesia

Leonardo DiCaprio mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser. (BBC Indonesia)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Akhir Maret lalu, artis Hollywood, Leonardo DiCaprio mengejutkan publik Indonesia gara-gara kedatangannya secara diam-diam ke Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh.

DiCaprio tidak sendirian. Ia ditemani dua aktor lain, Adrien Brody dan Fisher Stevens. Kedatangan mereka terungkap setelah pihak Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) memberitakannya pada laman resmi mereka.

Menurut gunungleuser.or.id, DiCaprio sempat bertemu dengan tiga orangutan sumatera, mendengar suara rangkong, serta sejumlah spesies burung lainnya.

“Balai Besar TNGL mendukung pihak-pihak yang beritikad baik membantu konservasi Leuser. Kami juga mengapresiasi pegiat lingkungan yang mengampanyekan kelestarian alam, termasuk Leonardo DiCaprio dan rekan-rekannya ini,” ujar Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul.

DiCaprio dan Brody pun mengunggah foto-foto kunjungan itu dalam akun Instagram masing-masing.

Belakangan kunjungan itu menimbulkan kontroversi. Sebab, DiCaprio mengomentari kerusakan hutan karena dijadikan perkebunan kelapa sawit.

“Seiring dengan berlanjutnya pembukaan hutan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit, maka (nasib) orangutan di Sumatera kian terdesak dan makin terancam,” tulis DiCaprio.

Pemerintah Indonesia akan menyelidiki tindakan DiCaprio karena diduga melakukan kampanye negatif terhadap industri kepala sawit di Indonesia.

Namun, Kepala Humas Dirjen Imigrasi Indonesia Heru Santoso menyatakan, hingga kini Dirjen Imigrasi belum menemukan pelanggaran hukum yang dilakukan DiCaprio.

“Kalau terbukti melakukan penghasutan, imigrasi akan melakukan penangkalan atau tidak mengizinkan DiCaprio datang kembali ke Indonesia,” kata Heru.

Harrison Ford

Aktor pemeran Indiana Jones, Harrison Ford, juga pernah datang tanpa diketahui media Indonesia pada awal September 2013. Ia datang untuk pengambilan gambar film dokumenter miliknya yang berjudul Years of Living Dangerously.

Ford juga tampak sedang menikmati kopi di sebuah kafe di kawasan Sabang, Jakarta Pusat. Hal itu diketahui dari beberapa orang yang menyadari bahwa pria asing tersebut adalah Ford dan meminta berfoto bersama.

Tak hanya itu, Ford juga mewawancarai Menteri Kehutanan Indonesia kala itu, yakni Zulkifli Hasan, serta Presiden Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Ford bahkan sempat mengkritik Zulkifli lantaran ia menilai bahwa pemerintah melakukan pembiaran atas terjadinya pembalakan liar di Taman Nasional Tesso Nilo di Riau.

Gwyneth Paltrow

Pada Mei 2013 Gwyneth Paltrow dan kedua anaknya yakni Moses dan Apple berlibur di Indonesia. Hal itu diungkapkan mantan istri vokalis Chris Martin tersebut dalam blog pribadinya, goop.com.

Paltrow menyebut kunjungannya ke Indonesia itu mimpi yang menjadi nyata

Never did I imagine that we would run our hands through the dark ocean at night and watch it light up with phosphorous, see a Komodo dragon in the wild, swim over a massive sea turtle, or be taught to make native dishes in situ,” Paltrow menulis di Instagramnya.

Tak cuma menceritakan pengalaman pertamanya itu, ia juga mengunggah berbagai macam foto, mulai dari panorama, makanan, hingga komodo, selama liburannya di Pulau Komodo.

“Liburan terbaik saya adalah ketika bersama dengan anak-anak ke Indonesia. Kami tinggal di sebuah resor di Bali dan kemudian tidur di perahu kayu selama tiga atau empat malam. Itu adalah perjalanan ajaib,” tutur Gwyneth seperti dikutip di situs New York Times.

Chris Hemsworth

Chris Hemsworth jadi aktor berikutnya yang diam-diam kunjungi Indonesia. Pemeran Thor dalam film The Avengers ini diketahui datang ke Jakarta, Indonesia untuk melakukan proses pengambilan gambar film Blackhat.

Tak banyak yang tahu bahwa Chris mengunjungi Jakarta untuk pengambilan gambar di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Hemsworth bahkan tepergok tengah berbelanja di Plaza Indonesia bersama beberapa rekannya.

Salah satu pengunjung mal pun sadar jika pria asing itu adalah Chris dan memintanya untuk berfoto bersama. Dengan rendah hati, Chris melayani permintaan penggemarnya tersebut.

Paul Walker

Paul Walker tak sekadar berkunjung ke Indonesia, aktor yang meninggal dunia pada 19 Desember 2013 itu bahkan memiliki rumah peristirahatan di Indonesia.

Dalam wawancara dengan majalah Men’s Health pada Maret 2010, Walker mengungkapkan, dia tengah membangun rumah di daerah yang masih dikepung hutan di Indonesia.

Kekagumannya akan alam Indonesia membuat bintang Fast And Furious membangun rumahnya di daerah terpencil di tengah hutan.

“Ini salah satu tempat yang paling indah di dunia, kalau bukan yang paling indah,” sebutnya.

Di rumah persembunyiannya di Indonesia itu, Walker bisa melakukan dua aktivitas favoritnya, yakni berselancar dan menyelam.

Meskipun segala sesuatunya dilakukan secara tradisional, Walker mengaku sangat menikmati tinggal di Indonesia.

“Di sini tidak ada listrik. Saya pakai lilin. Memasak di api unggun, secara tradisional. Saya memanen padi sendiri, mengeringkannya, menumbuk dan memasaknya sendiri. Saya juga menyelam untuk mengambil lobster dan gurita,” tutur Walker. [Kompas]

Related posts