Tokopedia gelar seminar dan workshop di Aceh

Seminar dan workshop Tokopedia di Hotel The Pade, Aceh Besar, Selasa (5/5). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Marketplace Tokopedia menggelar acara Tokopedia Meet Up yang diisi dengan seminar dan workshop di Hotel The Pade, Aceh Besar, Selasa (5/4).

Acara yang bertemakan Ciptakan Peluangmu: Perluas Jangkauan Bisnismu Melalui Tokopedia ini mengundang para komunitas di Aceh yang ingin bergabung atau mempunyai toko online gratis di website Tokopedia.

Dalam seminar ini, pemateri dari Business and Merchant Development Tokopedia, Monika Viany menjelaskan bahwa 70 persen konsumen mempercayai review online yang mereka baca.

“Empat dari lima konsumen menggunakan mesin pencarian untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis produk, dan jasa,” kata Viany.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang empat tipe e-commerce. E-commerce merupakan, proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer.

“Ada Iklan baris, online retail, online travel agen, dan marketing place. Tokopedia masuk di bagian marketing place,” katanya.

Viany mengatakan, Tokopedia Meet Up ini bertujuan untuk memberi edukasi dan motivasi tentang penjualan online kepada para enterpreneur.

“Jadi kita ingin lebih membakar semangat para enterpreneur yang ada di Aceh. Apalagi Aceh ini merupakan tempat perdana kedatangan Tokopedia,” ucap Viany.

Acara ini, sambung Viany, mempunyai target 11 daerah kota untuk dikunjungi, yaitu Pontianak, Jember, Aceh, Padang, Jayapura, Palu, Mataram, Bali, Palangkaraya, Palu, dan Balikpapan.

Viany mengharapkan agar para generasi muda yang berjiwa enterpreneur ini dapat memperkenalkan suatu ciri khas Aceh melalui bisnis online supaya cakupannya bisa lebih luas lagi.

“Kita dari Tokopedia berharap mereka bisa memperkenalkan suatu ciri khas, baik itu makanan, minuman, pakaian dan sebagainya melalui online agar bisa menjangkau lebih luas lagi,” ucap Viany.

Untuk acara Tokopedia Meet Up, lanjut Viany, ia mengakui bahwa acara ini tidak bekerjasama dengan pemerintahan.

Sebelumnya, Selasa (5/5) pagi Tokopedia juga menggelar Tokopedia Goes To Campus di Fakultas Ekonomi, Unsyiah, Banda Aceh. [Aidil Saputra]

Related posts