Tottenham Hotspur vs Manchester United: laga melawan tekanan

Mancehster United vs Tottenham Hotspurs di Old Trafford, 8 Agustus 2015. (AFP)

London (KANALACEH.COM) – Tottenham Hotspur dan Manchester United sama-sama berada dalam tekanan. Spurs ingin terus menjaga kans menjadi juara Premier League, sedangkan MU ingin bisa menembus posisi empat besar. Tekanan itu akan ditumpahkan kedua tim dalam bentrok di White Hart Lane, Minggu (10/4).

Buat tuan rumah Spurs, tiga poin juga menjadi wajb mereka raih jika ingin kans juara Premier League tetap hidup. Spurs kini masih berada di peringkat kedua, terpaut tujuh poin dengan pimpinan klasemen sementara Leicester City.

Meski tak mudah, Pelatih Maurico Pochettino memiliki keyakinan timnya akan bisa mewujudkan ambisinya itu. “Saya yakin dan selalu memiliki keyakinan. Apakah kita harus memenangkan semua pertandingan? Ya, itu benar tapi saya yakin jika melihat pemain dan mentalitas yang kami miliki,” ujar Pochettino.

“Ini bukan mustahil, ini adalah sepakbola. Kami sangat percaya diri dan yakin dengan diri sendiri. Kami sangat kuat,” tegasnya.

Tampil di kandang sendiri jelas memberikan keuntungan buat Spurs. Mereka dihadapkan pada catatan buruk setiap kali melawan MU. Dalam lima pertemuan terakhir, tim asal London ini baru sekali menang dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Spurs juga belum pernah menang melawan United di enam laga kandang terakhir mereka, di mana United menang sebanyak dua kali, dan empat laga lainnya berakhir seri. Oleh karenanya United diprediksi akan menjadi ujian yang tangguh bagi jalan juara Spurs.

Pada partai penting ini, Tottenham dipastikan tidak akan diperkuat oleh Nabil Bentaleb dan Clinton N’Jie yang masih dalam perawatan pasca mendapat cedera.

Kondisi Jan Verthongen dan Erik Lamela yang sebelumnya dikabarkan sudah pulih dari cedera masih diragukan bisa tampil pada laga ini, kendati tidak menutup kemungkinan bisa dimainkan sebagai pemain pengganti pada pertandingan ini.

Pochettino diprediksi akan menurunkan susunan pemain terbaiknya pada laga ini. Gawang mereka akan dijaga oleh sang kapten Hugo Lloris sedangkan Bomber andalan mereka, Harry Kane akan dimainkan sebagai starter pada laga ini dbantu oleh tiga gelandang serang mereka yang terdiri dari Christian Eriksen, Dele Alli, dan Son Heung-Min.

Sementara itu kubu tim tamu, Manchester United juga memandang serius laga ini. Pelatih MU Louis van Gaal meminta kepada pasukannya untuk mewaspadai ancaman yang ditebarkan lawannya itu.

Van Gaal menilai semua pemain Spurs berbahaya, termasuk Harry Kane yang sedang on fire. Torehan 22 gol yang sudah dikemas Kane musim ini menjadi ancaman serius buat lini belakang MU.

“Harry Kane tentu saja adalah striker berbahaya, tapi dia belum pernah menjebol gawang kami. Kane memang penting. Tapi kami juga bertahan melawan serangan Spurss sebab kami sudah mempelajari kekuatan mereka. Mereka masih memiliki Christian Eriksen dan Dele Alli yang juga patut diwaspadai,” ujar Van Gaal.

Kemenangan menjadi harga wajib buat MU jika ingin menembus posisi empat besar. MU yang baru 31 bermain berada di peringkat kelima dengan 53 poin, terpaut empat poin dari Manchester City di peringkat keempat.

Ambisi MU mendapat rintangan berat lantaran kehilangan beberapa pemain intinya yang cedera. Adnan Januzaj, Bastian Schweinsteiger, Will Keane, Wayne Rooney dan Luke Shaw dipastikan tidak bisa main dalam pertandingan ini karena cedera.

Sedangkan kabar buruk lainnya, Daley Blind dikabarkan mendapat cedera ringan pada pertandingan kontra Everton kendati belum jelas apakah ia bisa dimainkan atau tidak pada laga ini.

Kemungkinan besar Louis van Gaal tidak akan mengganti susunan pemainnya pada laga ini. Di posisi penjaga gawang terdapat David De Gea sedangkan duet Chris Smalling dan Daley Blind akan menjaga jantung pertahanan United.

Di lini serang, ada striker muda mereka Marcus Rashford yang akan ditopang oleh pergerakan tiga gelandang kreatif pada diri Anthony Martial, Jesse Lingard, dan Juan Mata. [BeritaSatu]

Prakiraan Pemain

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Rose, Wimmer, Alderweireld, Walker; Dembele, Dier; Eriksen, Alli, Heung-Min; Kane

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Rojo, Blind, Smalling, Darmian; Carrick, Schneiderlin; Martial, Lingard, Mata; Rashford

Head to Head
08-08-2015 Manchester United 1 – 0 Tottenham Hotspur (EPL)
15-03-2015 Manchester United 3 – 0 Tottenham Hotspur (EPL)
28-12-2014 Tottenham Hotspur 0 – 0 Manchester United (EPL)
02-01-2014 Manchester United 1 – 2 Tottenham Hotspur (EPL)
01-12-2013 Tottenham Hotspur 2 – 2 Manchester United (EPL)

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur
11-03-2016 Borussia Dortmund 3 – 0 Tottenham Hotspur (UEL)
13-03-2016 Aston Villa 0 – 2 Tottenham Hotspur (EPL)
18-03-2016 Tottenham Hotspur 1 – 2 Borussia Dortmund (UEL)
20-03-2016 Tottenham Hotspur 3 – 0 Bournemouth (EPL)
02-04-2016 Liverpool 1 – 1 Tottenham Hotspur (EPL)

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
11-03-2016 Liverpool 2 – 0 Manchester United (UEL)
13-03-2016 Manchester United 1 – 1 West Ham United (FA Cup)
18-03-2016 Manchester United 1 – 1 Liverpool (UEL)
20-03-2016 Manchester City 0 – 1 Manchester United (EPL)
03-04-2016 Manchester United 1 – 0 Everton (EPL)

Related posts