60 pejabat eselon II ikuti Diklat Kepemimpinan

Sekda Aceh, Dermawan menyematkan bet tanda peserta secara simbolis kepada perserta diklat. (Ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Sebanyak 60 pejabat eselon II dari berbagai instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Aceh dan Kementerian mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat II angkatan XLII (42) Kelas E tahun 2016 di Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) IV Lembaga Administrasi Negara, Selasa (12/4). Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan.

“Diklat ini merupakan proses pembelajaran untuk membentuk kompetensi para pemangku kepentingan sehingga bisa menjadi pemimpin yang membawa perubahan,” kata Adi Suryanto, Kepala LAN RI dalam sambutannya.

Kepada para peserta, Adi Suryanto meminta untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti setiap proses pembelajaran sehingga dapat melakukan sebuah proyek perubahan yang akan memiliki dampak positif bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga masyarakat secara luas.

“Integritas dan kejujuran itu penting, banyak peserta yang kelulusannya ditunda hanya karena proyek perubahan yang dihasilkan tidak dapat di pertanggungjawabkan,” kata Adi.

Kepala PKP2A IV, Faizal Adriansyah menjelaskan bahwa peserta diklat akan mengikuti lima tahap proses pembelajaran, mulai dari diagnosis kebutuhan perubahan, membangun komitmen bersama, merancang perubahan, leadership laboratory dan evaluasi.

Faizal mengatakan, para peserta nantinya akan mempresentasikan proyek perubahan yang dilakukan.

“Bagi yang berhasil mengimplementasikan proyek perubahan tersebut dan dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat kompetensi, dan yang tidak lulus hanya akan diberikan sertifikat kehadiran,” ujar Faizal. [Sammy/rel]

Related posts