NHK wawancarai gubernur terkait perkembangan Aceh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Stasiun televisi terbesar di Jepang, NHK melakukan wawancara eksklusif dengan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah terkait perkembangan Aceh sepuluh tahun pascatsunami dan perdamaian Aceh di Meuligoe Gubernur, Selasa (12/4).

Dalam wawancara yang melibatkan lima kru NHK, Zaini Abdullah menjelaskan bagaimana Aceh bangkit kembali setelah tsunami  yang meluluhlantakkan Aceh. Zaini Abdullah mengatakan bahwa tsunami merupakan cobaan dari Allah, dan ada hikmah bagi seluruh masyarakat Aceh.

Salah satu contoh hikmah bagi Aceh kata Zaini, Konflik yang berlansung puluhan tahun dapat diselesaikan hanya dalam waktu delapan bulan melalui perdamaian MOU Helsinki yang ditanda tangani oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Indonesia.

Konflik itu sendiri, kata Zaini terjadi karena ketidakadilan Pemerintah Pusat terhadap Aceh. Perjuangan yang dilakukan GAM, menurut Zaini untuk mengembalikan hak-hak masyarakat Aceh.

“Melalui perdamain inilah Aceh bangkit kembali,” kata Zaini.

Zaini mengakui kontribusi dari masyarakat seluruh dunia yang ikut membantu Aceh setelah tsunami. Berbagai pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan berbagai bantuan lainya datang dari berbagai negara, termasuk salah satunya dari Jepang.

“Setelah tsunami dan Aceh damai, kita mencoba menyelesaikan berbagai masalah mulai dari rekonstruksi, rehabilitasi dan perkembangan ekonomi,” sebutnya.

Zaini menjelaskan bahwa Aceh memiliki kekhususan seperti yang tertuang dalam MoU Helsinki dan dijabarkan dalam Undang Undang Pemerintah Aceh (UUPA), salah satunya terkait penerapan syariat Islam.

Ia juga menegaskan bahwa penerapan syariat Islam di Aceh hanya bagi umat Islam. Masyarakat Aceh juga sangat toleransi dengan penganut agama lain yang ada di Aceh.

“Kita bisa lihat di Banda Aceh sendiri ada gereja, kuil dan tempat ibadah lainya yang tidak pernah diganggu dan sudah ada sejak dulu,” ujarnya.

Terkait pembangunan Aceh ke depan, Zaini mengatakan akan terus berjuang untuk menjadikan Aceh lebih baik melalui pembangunan infrastruktur, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan pengganguran. [Sammy/rel]

Related posts