Terjerat Panama Papers, Menteri Spanyol mundur

Menteri Industri, Energi, dan Pariwisata Spanyol, Jose Manuel Soria. (Reuters)

Madrid (KANALACEH.COM) – Menteri Industri, Energi, dan Pariwisata Spanyol Jose Manuel Soria mengundurkan diri karena terjerat skandal bocoran dokumen yang dikenal sebagai Panama Papers. Nama pria asal Las Palmas itu tercatat dalam Panama Papers akibat kesepakatan pendirian perusahaan offshore di Bahama.

Layaknya nama lain yang terjerat Panama Papers, Manuel Soria juga mengelak segala tuduhan. Pria 58 tahun itu mengaku pengunduran dirinya adalah untuk mencegah rusaknya nama Partai Rakyat (PP) yang tengah berkuasa di Negeri Matador.

Pada Senin (11/4), nama Manuel Soria beserta saudara laki-lakinya terdaftar sebagai pengelola sebuah perusahaan di Bahama yang didirikan lewat jasa firma hukum Mossack Fonseca. Manuel Soria jelas membantah tuduhan tersebut. Dia juga membantah memiliki hubungan dengan UK Lines, sebuah sister Company yang berbasis di Pulau Jersey, Inggris.

Media-media Spanyol melaporkan nama Manuel Soria sebagai Presiden Mechanical Trading Ltd, yang tadinya bernama UK Lines, sebuah perusahaan offshore yang bergerak di bidang pertanian di Kepulauan Canary, Spanyol di mana dirinya adalah pimpinan PP setempat.

Soria terus-terusan mengelak dari segala tuduhan memiliki perusahaan di wilayah bebas pajak (tax haven). Namun, ketika sebuah dokumen dari Jersey Mechanical pada 2002 menunjukkan tanda tangannya dipublikasikan, Soria memutuskan untuk mundur. Dia pun mengaku akan meninggalkan segala aktivitas politik.

“Di tengah kesalahan yang saya buat akhir-akhir ini dengan penjelasan yang saya buat terkait kegiatan sebelum terjun ke politik pada 1995 dan kurangnya informasi spesifik tentang kejadian yang terjadi 20 tahun lalu, saya telah memberi tahu Perdana Menteri tentang pengunduran diri ini,” tulisnya dalam surat pengunduran diri, disitat The Guardian, Sabtu (16/4). [Okezone]

Related posts