Japan Corner diharap membuat masyarakat lebih tahu tentang bencana

Tamu undangan foto bersama seusai peresmian Japan Corner di Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Minggu (17/4). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh melalui Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Fahlevi menyambut baik kehadiran Gubernur Wakayama, Yoshibu Nisaka dalam meresmikan Japan Corner yang berada di Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh, Minggu (17/4).

“Japan Corner merupakan sebuah ruang khusus untuk mengenang bencana tsunami Jepang 11 Maret 2011 silam, yang disediakan di salah satu bagian Museum Tsunami Aceh ini,” kata Reza Fahlevi dalam sambutannya.

Reza menambahkan dengan kehadiran Japan Corner, pengunjung di Museum Tsunami Aceh bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Jepang.

“Apalagi setiap hari rata-rata ada 1.500 tamu mengunjungi gedung ini. Pada hari tertentu bisa mencapai belasan ribu. Kehadiran museum tsunami ini juga tidak lepas dari dukungan dunia internasional,” tambahnya.

Ia mengatakan kehadiran Japan Corner ini merupakan langkah awal dari kerja sama yang dibangun. Selain itu, juga tengah merancang program pertukaran pegawai museum antara Aceh dan Wakayama.

“Kita berharap Pemerintah Jepang juga menyediakan Aceh Corner di Museum Inamura Nohinoyakata, Wakayama,” harapnya.

Reza berharap semoga kehadiran Japan Corner menjadi simbol bagi penguatan langkah untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya pengetahuan tentang kebencanaan. [Aidil Saputra]

Related posts