UIN Ar-Raniry akan gelar pertemuan forum dosen Adab se-Indonesia

Ketua pelaksana, forum ADIA tahun 2016, Syarifuddin. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh akan menggelar pertemuan forum Dekan dan Asosiasi Dosen Ilmu Adab (ADIA) se-Indonesia.

Pertemuan itu dijadwalkan berlangsung tanggal 13-14 Mei 2016 mendatang di Ballroom Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, dan Sabang.

Ketua pelaksana forum ADIA tahun 2016, Syarifuddin menjelaskan pertemuan Forum ADIA se-Indonesia akan dihadiri Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof Dr Kamaruddin Amin, sebagai keynote speaker dengan topik ‘Islam, Sastra dan Masa Depan Kemanusiaan’.

Ia mengatakan, Aceh sudah sangat siap menyambut pertemuan forum dekan dan dosen Adab seluruh Indonesia.

“Persiapan sudah maksimal, semua narasumber yang kita undang sebagai pembicara sudah konfirmasi kehadirannya, hanya tinggal hal-hal yang bersifat teknis di lapangan saja,” kata Syarifuddin yang juga Wakil Dekan I FAH UIN Ar-Raniry.

Hal senada diungkapkan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Prof H Misri A Muchsin, berharap kerjasama semua civitas akademika FAH untuk sama-sama berkontribusi aktif menyukseskan kegiatan tahunan ini.

“Ini merupakan kegiatan level nasional, kita mempunyai tanggungjawab yang sama untuk menyukseskannya,” ujar Misri.

Ia juga mengungkapkan, pertemuan ini akan diikuti oleh para pimpinan fakultas, dosen dan pakar seluruh Indonesia, menurut konfirmasi ada 18 lembaga akan datang ke Aceh.

ADIA adalah sebuah asosiasi keilmuan adab dan humaniora yang anggotanya terdiri dari seluruh dosen Fakultas Adab di seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di bawah Kementerian Agama RI.

ADIA dibentuk pertama kalinya pada Forum Dekan Adab UIN/IAIN/STAIN se-Indonesia Ke VIII yang dilaksanakan di IAIN Ar Raniry (sekarang UIN Ar-Raniry). [Aidil Saputra]

Related posts