Dukungan untuk Abusyik terus bertambah

Pakar kesehatan, Muhsin Abdul Gani. (Ist)

Pidie (KANALACEH.COM) – Dukungan masyarakat Pidie untuk Roni Ahmad alias Abusyik Sufi sebagai bakal calon Bupati Pidie dalam Pilkada 2017 mendatang terus bertambah. Salah seorang pakar kesehatan, Dr. Muhsin Abdul Gani menyatakan visi kesehatan yang diusung Abusyik sangat logis.

“Visi kesehatan Abusyik Sufi, sangat logis, realistis serta bisa diterapkan untuk mencapai kesejahteraan Kabupaten Pidie dalam bidang kesehatan,” katanya.

Muhsin yang juga salah seorang putra Pidie ini menyebutkan ia pernah beberapa kali berdiskusi masalah kesehatan di Pidie dengan Abusyik dan tim perumus visi misi.

“Saya kagum dengan jargon Pidie Sehat 2020 yang dikemukakan oleh Abusyik Sufi yang di antaranya menitikberatkan pada program preventif (pencegahan), tidak hanya pada program kuratif (pengobatan) semata,” ujarnya.

Muhsin mengatakan pengembangan sektor kesehatan saat ini lebih menitikberatkan pada upaya-upaya pencegahan (preventif) dan promosi kesehatan (promotif).

“Upaya pengobatan (kuratif) melalui asuransi kesehatan universal semisal Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA) memang sangat penting mengingat tingginya angka kesakitan masyarakat serta ketidakmampuan masyarakat membiayai pengobatannya. Tapi perlu diingat, program preventif menghabiskan biaya lebih sedikit dibandingkan upaya kuratif,” ujar lulusan University of Bonn, Jerman itu.

Ia menambahkan, walaupun pemerintah mengeluarkan dana yang sangat besar untuk bidang kesehatan, menurut Muhsin efektivitas program asuransi kesehatan universal ini masih banyak dipertanyakan oleh berbagai kalangan.

“Terutama mengingat belum membaiknya indikator kesehatan yang masuk dalam Indeks Pengembangan Manusia (IPM), seperti Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),” sebutnya.

Ia yakin program Pidie Sehat 2020 yang diusung Abusyik akan disambut positif oleh masyarakat Pidie.

“Kabupaten Pidie yang termasuk dalam kabupaten dengan angka IPM yang termasuk rendah di Indonesia sudah sewajarnya bekerja lebih giat untuk mengejar ketertinggalan daerah, khususnya dalam bidang kesehatan. Saya percaya Abusyik Sufi mampu mewujudkannya jika menjadi Bupati Pidie nanti,” ujar Muhsin. [Sammy/rel]

Related posts