Pemerintah Aceh raih penghargaan MDGs 2016

Pemerintah Aceh raih penghargaan MDGs 2016
GUBERNUR Aceh, Zaini Abdullah, dan Gubernur Jogyakarta, saat menerima MDGs award 2016. FOTO : HUMAS Aceh

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh berhasil meraih penghargaan terbaik nasional ketiga setelah Provinsi Gorontalo dan Bali, terkait pencapaian tujuan pembangunan Millenium Development Goals (MDGs) 2016, untuk kategori laju pencapaian MDGs.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Dr Sofyan Jalil, kepada Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, di depan ratusan kepala daerah se-Indonesia, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (20/4).

Musrembangnas yang mengusung tema “Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja serta Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Antarwilayah” ini juga dihadiri sejumlah pejabat Eselon I Kementerian dan Lembaga di lingkungan Kementerian dalam Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo.

Menurut Zaini, apa yang diraih Pemerintah Aceh ini tidak terlepas dari komitmen seluruh stakeholders dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui program-program terobosan. Keberhasilan dalam menggapai prestasi ini juga tidak terlepas dari peran seluruh komponen masyarakat, termasuk pihak swasta melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Penghargaan ini untuk rakyat Aceh. Award yang kita capai ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Aceh namun yang terpenting adalah upaya implementasi program dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Zaini Abdullah.

Usai menerima penghargaan, Gubernur Zaini Abdullah sempat bercanda dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X. “Aceh dan Yogya sama-sama istimewa,” ucap Zaini bernada lembut, yang kemudian disambut tawa Menteri Sofyan Jalil.

Gubernur Zaini juga mendapat undangan khusus makan siang bersama dengan Menteri Sofyan Jalil dan Wakil Menteri Keuangan RI, Mardiasmo.

Kepala Bappeda Aceh Zulkifli Hs menjelaskan, penghargaan MDGs tersebut dirumuskan oleh tim independen yang terdiri dari para pakar di masing-masing bidang. Penilaian dilakukan selama periode 2013-2015 dan berhasil memilih sejumlah provinsi terbaik dalam pencapaian sasaran tujuan pembangunan milenium.

Dikatakannya, pemberian penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pemerintah daerah dalam upaya pencapaian MDGs serta meningkatkan daya saing antar provinsi dalam pencapaian MDGs sebagai bagian dari peningkatan kesejahteraan rakyat terutama bagi masyarakat miskin.

Bumi Serambi Mekkah masuk kategori capaian terbaik ke-3, (Piala Perunggu) karena berhasil menekan angka kemiskinan dan pengangguran serta konsen dalam bidang kesehatan serta pendidikan. Aceh juga berhasil mencapai target untuk kategori persentase penduduk miskin, perbaikan angka partisipasi sekolah (APS) pada usia SMP, proporsi rumah tangga dengan akses berkelanjutan terhadap sanitasi dasar dan kontribusi perempuan dalam pekerjaan upahan disektor non-pertanian.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi motivasi bersama agar lebih semangat lagi dalam menggenjot berbagai program pembangunan yang pro rakyat,” ujar mantan Kepala BPM Aceh itu. [Saky/rel]

Related posts