Pengemis di Aceh Utara di kordinir

Pengemis di Aceh Utara di kordinir

Lhoksukon (KANALACEH.COM)- Jumlah Pengemis di  Aceh Utara semakin meningkat, terutama bagi anak-anak di usia sekolah dasar, mereka terpaksa mengemis di karenakan ada orang yang koordinir untuk bekerja sebagai pengemis.

Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Drs. Muhammad jalil kepada Kanalaceh.com mengatakan Jumlah pengemis di Aceh Utara saat ini berfariasi, jika menjelang Lebaran angka pengemis cendrung meningkat,katanya.

Ia, menambahkan jumlah pengemis pada tahun 2016 ini yang terdata di  Di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara  yaitu 456 Orang Pengemis.

Untuk menekan angka Pengemis Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh utara sudah melakukan Pemberdayaan bagi mereka dalam bentuk Modal Usaha Ekonomi Produktif, untuk tahun 2015 Dinas tersebut sudah membantu sebanyak 40 orang Pengemis dan tahun 2016 sebanyak 33 orang pengemis yang sudah di berdayakan melalui modal usaha ekonomi produktif.

Kabid Pelayanan dan Rehabilitas Drs M Jalil mengharapkan agar mau bekerja keras jangan membiasakan mengemis , saat ini susah untuk menghilangkan budaya mengemis.“Ini membuat mereka ketagihan. Jadi, sebaiknya masyarakat jangan memberikan uang sedikit pun, jangan berpikir ini hanya sedikit, gak apa-apa berikan ke pengemis. Namun, jika dikalikan berapa ratus orang yang memberikan uang ke pengemis, maka totalnya sungguh luar biasa, bisa mencapai jutaaan per bulan penghasilan pengemis. Maka dari itu, mari kita kerja sama, jangan buat pengemis ketagihan dan terus mengemis hingga lupa akan masa depannya, pendidikannya dan merusak generasi kita nantinya,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts