Sabang Marine Festival promosikan wisata di tingkat internasional

Logo Sabang Marine Festival. (Ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan mengatakan Sabang Marine Festival merupakan salah satu langkah untuk menempatkan Aceh dalam peta destinasi pariwisata internasional.

Festival selama lima hari yang diikuti oleh peserta dari mancanegara itu juga menunjukkan kepada dunia bahwa Sabang adalah destinasi wisata paling aman, nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

“Kita harap festival ini semakin menginspirasi semua pihak agar saling bekerja sama untuk memajukan pariwisata Aceh,” kata Dermawan saat membuka Marine Festival II di Arena Sabang Fair, (26/4).

Untuk tahun 2017, kata Dermawan, Marine Festival harus dapat terus ditingkatkan lagi agar lebih meriah  dan dapat dihadiri oleh lebih banyak peserta dari mancanegara. Untuk gelaran kedua itu, sebanyak 20 unit kapal layar bertiang tinggi ikut serta meramaikan Sabang Marine Festival.

Kepada Pemerintah Kota Sabang dan seluruh masyarakat, ia meminta agar memperlihatkan sikap sebagai tuan rumah yang baik. Hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan kerja sama secara global di bidang pariwisata.

Melalui Festival tersebut, ia berharap Aceh bisa memberikan pesan dan kesan tersendiri bagi peserta  sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah Sabang.

“Pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa Aceh saat ini sudah semakin aman, nyaman dan kondusif, baik itu sebagai destinasi wisata, maupun sebagai wilayah investasi,” ujarnya.

Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata, Indroyono Seosilo menyampaikan bahwa wisata bahari merupakan salah satu dari kebijakan Presiden Jokowi dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia.

Kementerian Pariwisata, kata Indroyono, siap mendukung acara Sabang Marine Festival untuk digelar setiap tahun. Agar lebih banyak peserta dan wisatawan yang datang, kata Indroyono, panitia harus mempersiapkan agenda lebih awal sehingga banyak peserta yang mendaftar.

Kepala BPKS Sabang, Fauzi Husin mengatakan Marine Festival akan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 26 hingga 30 April diawali dengan beberapa kegiatan, meliputi Sabang Marine Blogging Competition, Fun Bike dan Fun Walk, Lomba dan Pemeran Foto, Sabang Wonderful Art Week dan Lomba Mewarnai bertemakan Pesona Wisata Bahari Sabang.

Sebagai atraksi wisata bahari, kata Fauzi, Marine Festival Sabang memadukan antara atraksi budaya, bahari dan rally perahu layar yang diikuti oleh peserta dari beberapa negara yang menggunakan kapal layar atau yacht dari Langkawi dan Phuket.

Sabang Marine Festival II tersebut terselenggara berkat kerja sama Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) dengan Dinas Kebudayaan dan Periwisata Aceh dan Sabang, serta Kementerian Pariwisata RI. [Sammy/rel]

Related posts