Sabtu, Teater Nol akan adakan Eksibisi

Latihan Eksebisi Teater Nol. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Nol Unsyiah kembali akan menggelar ajang Ekpresi Bakat dan Seni (Eksibisi) yang kelima di Gedung Gelanggang Mahasiswa Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (30/4).

Acara tersebut akan mementaskan dua pentas teater dan satu monolog. Pentas teater akan dimainkan oleh anggota dan calon anggota baru UKM tersebut, sedangkan monolog akan dipentaskan oleh siswa SMA Unggul Fajar Harapan dengan naskah Teror Karya Putu Wijaya.

“Ada tiga pementasan yang akan kita pentaskan secara maraton mulai dari pukul 2 hingga 6 sore, dua teater dan satu monolog,” ungkap ketua panitia, Ridha Ihsana Fadhila.

Ridha menjelaskan, dua pementasan yang dimainkan masing-masing akan mengangkat naskah KOOR (Kidung Orang-Orang Rakus) karya Teater Lembaga yang disutradarai Masrijal CS dan Naskah Lena Tak Pulang karya Muram Batubara disutradarai Dody Resmal.

“Naskah KOOR nanti akan dimainkan oleh calon anggota baru kita, sedngkan Lena Tak Pulang yang mainnya itu anggota tetap dan pengurus,” jelas Ridha.

Masrijal CS, Sutradara KOOR menjelaskan, naskah yang digarapnya penuh dengan kritik sosial khususnya tentang korupsi. “Naskah KOOR menceritakan tentang seorang bernama Purok yang lari dari negeri asalnya karena dikejar oleh aparat berwajib sebab melakukan korupsi ke negeri bernama Durjanasia. Durjanasia merupakan negeri yang menjunjung tinggi perbuatan curang termasuk korupsi. Warga Durjanasia gemuk-gemuk, beda dengan Purok yang kurus. Karena posturnya yang kurus, ia menjadi bulan-bulanan warga Durjanasia dan menganggap Purok sebagai aib dan menghina budaya Durjanasia,” tuturnya.

Ketua Umum UKM Teater Nol Unsyiah, Furqan menjelaskan, Eksibisi merupakan agenda tahunan UKM Teater Nol Unsyiah. Selain pementasan teater dan monolog, juga akan ada penampilan lain, seperti baca puisi dan musikalisasi puisi.

“Kepada masyarakat dan mahasiswa, silakan datang karena acara ini gratis dan terbuka untuk umum,” ujaarnya. [Sammy/rel]

Related posts